Lihat ke Halaman Asli

Butuh Kakak, Butuh Bapak...

Diperbarui: 25 Oktober 2015   12:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Muharram menjadi momen memberi santunan bagi anak yatim. Banyak yayasan panti asuhan yang mendapat undangan untuk menghadiri acara-acara tertentu dengan membawa serta anak yatim yang diasuh di panti tersebut serta nantinya akan diberi santunan. Santunan diberikan berupa barang-barang, baik makanan, pakaian ataupun kebutuhan lain. Barang-barang tersebut diberikan sebagai bentuk usaha menyantuni anak yatim. Tak ada yang salah dengan hal tersebut, tetapi marilah lebih jauh kita mengenal tentang penyantunan terhadap anak yatim.

Anak yatim juga anak-anak sebagaimana anak yang lain, hanya saja ia diuji dengan tiadanya orang tua yang mendampingi mereka. Perlu diketahui, anak-anak memiliki kebutuhan fisik dan psikis. Banyak orang yang hanya peduli pada aspek fisik saja, memberikan bantuan berupa uang, pakaian, makanan dan hal-hal lain yang bersifat materi. Namun, tak banyak yang mempedulikan akan kebutuhan psikis seperti figur seorang ayah atau ibu yang telah tiada. Kebutuhan psikis inilah yang justru sangat diperlukan seorang anak yatim apalagi di zaman sekarang.

Yayasan ataupun panti asuhan belum tentu mengcover kebutuhan psikis secara maksimal, meskipun memang banyak usaha yang telah dilakukan untuk menciptakan keadaan yang sama dengan keluarga pada umumnya, bahagia dan harmonis. Maka tak ada salahnya apabila keluarga dekat, keluarga jauh yang mampu mengasuh dengan baik  untuk mengasuh anak yatim daripada harus dititipkan di panti asuhan. Secara kekeluargaan, pengasuh dan anak asuh masih memiliki hubungan kekeluargaan dan akan lebih mudah dekat secara emosi sehingga kehangatan keluarga dan figur orang tua akan didapatkan oleh si anak. Namun apabila keluarga dekat ataupun jauh sudah tiada, adopsi ataupun anak asuh bisa menjadi pilihan agar kebutuhan psikis anak tetap dapat terpenuhi. Sedangkan kebutuhan fisik dapat dikelola dan diatur oleh yayasan atau panti asuhan, kemudian didistribusikan kepada orang tua adopsi ataupun orang tua asuh untuk memenuhi kebutuhan anak secara fisik serta dibagikan secara merata.

Santunan bukan hanya berupa benda, uang, dan hal-hal materiil lainnya, tetapi kasih sayang, perhatian, kehangatan keluarga justru jauh lebih dibutuhkan. Kebutuhan fisik memberi bantuan untuk terus bertahan hidup tapi kebutuhan psikis memberi dukungan untuk terus berjuang mempertahankan kehidupan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline