Lihat ke Halaman Asli

Aksi Nyata Lingkungan: Gerakan Jumat Bersih Lingkungan Danau Situ Gede

Diperbarui: 5 Desember 2023   21:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB Universitu dengan Ketua Kelurahan Situ Gede/Dok pribadi

Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University, kelompok 2 Komunikasi Digital yang beranggotakan 8 orang, yaitu Angelica Putri, Fathan Fitriani, Mahliqa Aridha, Lintang Asya, Novi Kristiawati, Matius Salomo, Sofwa Nurul, dan Muhammad Raihan, bekerja sama dengan pihak Kelurahan Situ Gede dan KOMPEPAR (Kelompok Penggerak Pariwisata) Situ Gede untuk menjaga dan merawat lingkungan sekitar Situ Gede dengan aksi nyata yang dilakukan bersama-sama. 

Proyek kami dimulai pada Rabu (25/10/23) dengan melakukan survey tempat Kelurahan Situ Gede yang berada di Jl. Tambakan No. 01 RT 01/RW 05, Situgede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat dan melakukan wawancara dengan Sekretaris dari Kelurahan Situ Gede. “Permasalahan yang muncul yang utama yaitu sampah. Karena airannya dari berbagai sungai dan jika hujan, maka sampah itu terbawa ke Situgede. Jadi ada kegiatan pemerhati sampah setiap jumat atau minggu. Oleh karena itu juga ada KOMPEPAR (Kelompok Penggerak Pariwisata) yang menjaga dan memerhatikan ekowisata Situgede ini setiap harinya”. Ujar Sekretaris Kelurahan Situ Gede pada Rabu (25/10/23). 

Kami juga melakukan wawancara dengan masyarakat sekitar di Situ Gede. “Kalo kebersihan ya bersih, kalo misalnya ngga ada yang dagang mungkin kotor juga ya, karena ada yang dagang jadi bersih karna ada yang bantuin. Yang perlu ditingkatkan tentang lingkungannya ya kalo bagi saya si ya, kebersihannya, pengennya tertib gitu ya, enak, nyaman, bersih.” Ujar Jubaedah selaku masyarakat sekitar pada Rabu (25/10/23). 

Pada Rabu (08/11/23) kami melakukan wawancara dengan KOMPEPAR selaku organisasi yang bekerjasama dengan kami untuk membersihkan lingkungan Situ Gede. Lalu pada Jum'at (17/11/23) kami melakukan aksi nyata langsung di lingkungan Danau Situ Gede. 

Proyek lingkungan yang kami pilih berupa kegiatan peduli lingkungan yaitu kegiatan Jumat Bersih (JUMSIH). Kegiatan ini dilakukan dengan mitra kami organisasi KOMPEPAR Kelurahan Situ Gede. Masyarakat dan Karang Taruna turut serta dalam kegiatan pembersihan lingkungan yang kami lakukan pada Jum'at (17/11/23).  Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 08.00 - selesai. Kami membersihkan sekitar danau dan area danau dengan menaiki perahu. Kegiatan ini juga dilakukan secara rutin oleh KOMPEPAR dan warga sekitar setiap minggunya. Pada proyek peduli lingkungan ini kami tidak hanya membersihkan lingkungan tetapi juga membuat banner untuk himbauan kepada masyarakat dan pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan lingkungan Danau Situ Gede. Selain itu kami juga membuat beberapa konten pada media sosial Instagram dan TikTok untuk membantu mengenalkan Ekowisata Situ Gede agar lebih dikenal oleh khalayak ramai. Dengan dilakukan proyek ini diharapkan agar lingkungan di sekitar Danau Situ Gede memiliki lingkungan yang bersih. 

Proyek Lingkungan Jumat Bersih (JUMSIH) penting untuk dilakukan. Kegiatan ini dapat meningkatkan kebersihan dan keindahan lingkungan Situ Gede. Selain itu, proyek Jumat Bersih juga membantu mengurangi resiko penyakit yang dapat disebabkan oleh lingkungan yang kotor. Dengan melibatkan partisipasi untuk membersihkan daerah Situ Gede, proyek ini tidak hanya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat tetapi juga dapat membangun rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap lingkungan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline