Lihat ke Halaman Asli

Mahirasyevarani

Life goes on

Manfaat dari Pola Makan Vegan

Diperbarui: 15 Mei 2023   06:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Veganisme adalah konsep tertentu dari makanan yang menghindari semua produk hewani, termasuk telur dan produk susu. Tidak hanya itu, veganisme juga merupakan sebuah gaya hidup dan pola pikir yang mempromosikan kesetaraan hewan dengan manusia. Jika Anda merubah pola makan menjadi vegan, Anda akan menikmati banyak manfaat, mulai dari kesehatan hingga lingkungan. 

Dalam hal kesehatan, vegan jauh lebih banyak mengkonsumsi makanan yang terbuat dari bahan nabati, yang kaya akan vitamin, mineral, dna kaya serat. Diet vegan juga baik untuk jantung, karena mengurangi risiko hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Jika dibandingkan dengan diet non-vegan, diet vegan dapat mengurangi risiko diabetes, osteoporosis, dan beberapa jenis kanker. 

Dengan diet vegan, Anda juga dapat mengurangi jumlah makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol, serta mengurangi konsumsi lemak trans manusia. Produk nabati yang terdapat pada diet vegan juga kaya akan asam lemak omega-3. Dengan mengkonsumsi makanan ini, Anda dapat meningkatkan kesehatan otak, menurunkan risiko stroke, dan mengurangi kerusakan otak akibat proses penuaan. 

Pola makan vegan telah membantu orang untuk hidup lebih sehat dan lebih seimbang. Ini adalah salah satu pilihan diet yang menyatakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan apapun. Jika Anda tertarik untuk berubah ke pola makan vegan, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat kesehatan terbaik - dan kami akan memberi tahu Anda apa itu.

Munculnya penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes dan jantung koroner baru-baru ini telah menyebabkan banyak orang beralih ke pilihan diet yang lebih sehat dan berkomitmen untuk menjaga pola makan dan kebugaran tubuh mereka. Ini adalah dimana pola makan vegan remaja atau vegetarian datang untuk bermain. Konsumsi dan mengurangi makanan yang berasal dari hewan adalah salah satu cara yang efektif untuk terhubung dengan kebutuhan nutrisi - yang membantu Anda untuk hidup sehat.

Manfaat yang utama dari pola makan vegan adalah manfaat kesehatan. Diet vegan kaya akan serat, kolesterol rendah, tinggi antioksidan, zat besi dan asam lemak omega-3. Mereka tidak termasuk produk hewani, yang dapat meningkatkan risiko terkena berbagai masalah kesehatan. Manfaat kesehatan lainnya meliputi pengurangan berat badan, pengurangan kadar




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline