Lihat ke Halaman Asli

Mahesin

Mahasiswa

Mahasiswa Administrasi Bisnis Untag Surabaya Dalam Kegiatan Magang Pada Divisi Marketing Madu Wild Bee

Diperbarui: 5 Mei 2023   23:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penulis : Arbejasti Kartika Anapaku 

Di era sekarang ini lapangan kerja cenderung sulit untuk di temui, angka sarjana di Indonesia semakin meningkat mrupakan hal yang patut di apresiasi. Namun dibalik ini jumlah pengangguran setiap tahunnya semkain meningkat sehingga pemerintah harus sediakan 3,6 juta lapanagan kerja tiap tahun. Dalam hal ini otomatis persaingan dalam mencari kerja akan semakin ketat karena lapangan kerja yang tersedia membutuhkan SDM yang berkualitas agar perusahaan dapat berkembang dengan cepat dan bersaing.

Mata kuliah magang pada program studi administrasi bisnis FISIP universitas 17 agustus 1945 merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan S1. Selain daripada itu kegiatan magang ini di harapkan untuk menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan teori yang telah di dapatkan selama menempuh perkuliahan dan mengasah softskill mahasiswa serta dijadikan pengalaman untuk mahasiswa ketika berada di lingkungan kerja

Program magang ini saya Arbejasti Kartika Anapaku, selaku peserta magang dari program studi administrasi bisnis dari UNTAG surbaya melaksanakan magang di CV. RIZKI BAROKAH ( MADU WILDBEE) pada divisi marketing.

CV. RIZKI BAROKAH ( MADU WILD BEE) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang peternakan madu, pengepul madu hutan, dan produsen madu herbal. Pada perusahaaan ini kebetulan saya berada pada divisi marketing, dan pemasaran yang kami jalankan yaitu direct selling dengan kata lain kami menjual madu langsung kepada customer, Kami mengenalkan produk kami dengan terus meningkatkan pelayanan agar produk dikenal dan di minati. Selain itu kami juga melaksanakan branding yaitu kegiatan komunikasi yang tim marketing lakukan untuk produk diknenal,selain itu ada re-stock atau stock kembali jika produk pada tokok rekanan habis maka tim marketing akan mengantar produk baru lagi dan yang terakhir tim marketing akan terus mencari toko rekanan baru.

Dengan adanya program magang ini secara pribadi saya dapat merasakan secara langsung bagaimana setiap proses dalam dunia kerja yang selama ini belum sama sekali saya rasakan. Hal ini membuat sata untuk terus mengembangkan diri agar sesuai denggan kebtuhan tenaga kerja yang ada.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline