Lihat ke Halaman Asli

Rifqi MahesaNugraha

Mahasiswa Sains Informasi Geografi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa KKN 114 UPI Melakukan Penentuan Lokasi dan Pembuatan Peta Buffer Titik Air Bersih

Diperbarui: 9 Agustus 2022   20:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan mengangkat teman Pemberdayaan Masyarakat berbasis SDGS. Kegiatan tersebut memiliki beberapa tema yang diambil dari 13 SDGS yang ada salah satunya yaitu Desa Tanpa Kemiskinan.

Pada hari Jum'at (22/07/2022), Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang sedang melaksanakan KKN di Kelurahan Muka Kecamatan Cianjur, lebih tepat nya di RW 13. Pada saat itu mahasiswa UPI melakukan survey untuk melihat titik ataupun lokasi air bersih yang ada di RW 13 dengan tujuan meningkatkan penggunaan air bersih ataupun setiap warga mendapatkan sarana air bersih.

Program tersebut dilaksanakan dikarena sesuai dengan salah satu indikator yaitu keluarga miskin mendapatkan layanan kesehatan, pendidikan, air bersih dan hunian layak. Dan dari program tersebut dapat menjadi langkah awal untuk mengurangi penggunaan air sungai ataupun irigasi di RW 13 yang dapat dibilang kurang baik untuk penggunaan sehari -- hari ataupun seperti mencuci, mandi ataupun kegiatan rumah tangga lainnya.

Dokpri

Dokpri

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan dengan cara melihat terlebih dahulu lokasi titik air bersih yang memang sudah tersedia di RW 13 yang kemudian dicari koordinat nya, dan menurut kami dari ke 3 titik air bersih di RW 13 mungkin hanya 2 lokasi yang cocok dan sesuai dapat dibilang air bersih yang dilihat dari kondisi tempatnya dan juga kondisi air yang dihasilkannya.

Maka dari itu kami membuat peta buffer untuk melihat cakupan jarak yang dapat dijangkau oleh masyarakat dan menjadi acuan bagi warga RW 13 apabila akan membangun kembali titik air bersih yang dapat terjangkau oleh seluruh warga disana.

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline