Lihat ke Halaman Asli

Mahendra Paripurna

Berkarya di Swasta

Kembali Belajar, Pertaruhan Antara Efektivitas dan Risiko Tatap Muka

Diperbarui: 3 Januari 2021   15:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pixabay.com

Pengumuman dari Menteri Nadiem Makarim tentang 'Kembali Belajar' melalui pembelajaran tatap muka pada awal Januari masih belum jelas bagaimana nanti realisasinya. Mengingat penyebaran pandemi yang kian meningkat di sebagian besar daerah di Indonesia setiap harinya.

Perkembangan issue terbaru mengenai mutasi virus Covid-19 yang kian ganas penyebarannya menjadi salah satu wacana yang dibahas para ahli. Kabarnya virus ini juga semakin sulit dideteksi karena gejalanya yang makin sulit dibedakan dengan orang yang sehat.

Seperti dikutip dari Kumparan.com dalam proses 'Kembali Belajar' setidaknya ada 8 daerah yang sudah memastikan untuk menunda pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada tgl. 4 Januari besok. Antara lain DKI Jakarta, Kabupaten Karawang, Kota Depok, Kota Tangerang, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kota Denpasar dan Kota Jayapura. Alasannya tentu saja karena wilayah-wilayah tersebut masih termasuk zona penyebaran virus yang cukup tinggi.

Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka (PTM)

Jika ditinjau dari efektifitas, memang pembelajaran tatap muka masih memperoleh posisi di atas pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring. Penyampaian materi yang dilakukan di muka kelas tentu akan lebih memudahkan seorang murid untuk menyerapnya. Pengajar juga bisa memastikan apakah muridnya menyimak dan mengerti ilmu-ilmu yang disampaikan.

Pendidikan moral dan karakter bisa lebih ditekankan dalam PTM dengan mengawasi dan memahami sikap yang ditunjukkan oleh setiap siswa. Selain itu segala pelajaran yang mengharuskan segi praktek langsung di dalamnya lebih mudah untuk diserap dan dimengerti oleh siswa.

Untuk penerapan PJJ membutuhkan peran lebih orang tua dalam mendampingi anak-anaknya terutama yang berada di kelas SD maupun SMP. Karena bukan hanya anak yang harus belajar, tapi orang tua harus mulai mengingat ulang dan membaca materi yang diberikan seorang guru agar ia dapat menerangkan kembali kepada anaknya.

Tidak semua orang tua mungkin memiliki waktu luang, pengetahuan dan ketelatenan untuk menjadi mitra guru di rumah. Komunikasi anak dengan orang tua pasti berbeda dengan komunikasi guru dan siswa. Sering kali orang tua bersikap cenderung lebih permisif yang membuat proses belajar kurang efektif. Diperlukan kesamaan dalam ketegasan dengan sang guru dalam proses ini.

Dibutuhkan kreatifitas penyampaian materi dari seorang guru dan ketelatenan orang tua dalam menyatukan misi pembelajaran agar PJJ dapat diserap dengan baik oleh sang siswa.

Resiko Pembelajaran Tatap Muka

Agar adil mari kita lihat kembali resiko dari pembelajaran tatap muka. Sampai saat ini berdasarkan penelitian, anak-anak termasuk salah satu kelompok yang rentan tertular Covid-19 di samping orang tua dan orang-orang yang memiliki penyakit bawaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline