Surabaya 23 Desember, Di masa Peralihan pandemi covid 19 seperti ini segala aktivitas baik sekolah kerja maupun kuliah dilakukan dengan menerapkan arahnya normal yaitu dengan mengganti segala aktivitas tatap muka menjadi daring atau online dan membatasi segala aktifitas di luar rumah atau tempat umum. salah satu kegiatan yang menyesuaikan dengan pandemi adalah kuliah kerja nyata atau KKN yang di selenggarakan oleh universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan mengusung tema indonesia tangguh, Indonesia tumbuh yang bertujuan memberikan edukasi tentang pemulihan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar mahasiswa dan Pengoptimalan Pemasaran dibeberapa Sektor UMKM
Dilakukannya kegiatan KKN (kuliah kerja nyata) mandiri bernama Mahendra Kurniawan (21), salah satu Mahasiswa Jurusan Ekonomi di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN yakni Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana,S Sos..M.Med.Kom. yang berada di kampung Wonosari Kidul III, Kelurahan Sawunggaling, Kecamatan Wonokromo melakukan sosialisasi tentang pentingnya marketing online kepada masyarakat sekitar RT 3 RW 3 Wonosari Kidul. Hendra mengungkapkan bahwa masyarakat sekitar cukup antusias dalam mengikuti sosialisasi tersebut, sehingga warga merasa terbantu.
"Saya melihat bahwa masyarakat di sekitar lingkungan saya sebenarnya sangat ingin mengembangkan usahanya .Tetapi karna keterbatasan biaya dan pengetahuan tentang teknologi yang masih minim, sehingga mereka tetap menjalankan usaha formal yang monoton. Dari sini saya berinisiatif untuk membantu mitra UMKM dan warga sekitar yang berminat untuk menambah wawasannya terhadap marketing online dengan cara sosialisasi ". ujar Hendra
Sosialisasi tentang pentingnya marketing online dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan mitra UMKM dan warga sekitar dalam memahami materi yang diterangkan. Sehingga diharapkan mitra UMKM dan warga dapat segara merealisasikan marketing online
"Awalnya saya kurang yakin dengan kemampuan saya untuk memahami teknologi, saya kira itu semua sangatlah rumit dan hanya bisa dilakukan masyarakat millennial tetapi setelah mas Hendra tadi menerangkan informasinya secara perlahan, saya lebih giat lagi untuk belajar tentang marketing online" ujar ibu Rofi warga sekitar.
Bukan hanya mensosialisasikan Pentingnya Marketing Online Hendra juga membagikan satu paket sembako kepada ada beberapa orang yang membutuhkan khususnya kepada mitra UMKM dan Warga Sekitar.
"Dengan adanya ujar Bu watik sebagai mitra KKN.KKN yang dilaksanakan oleh mas Hendra, saya terbantu dengan pemberian sembako ini".