Lihat ke Halaman Asli

Mahdi Yana

Profesi saya sebagai karyawan swasta di salah satu Perusahaan yang bergerak di bidang Perhotelan dan Perkantoran/Jabatan yang saya geluti saat ini sebagai Manager Oprasional

Tradisi Memperingati Pelaksanaan Maulid Nabi di Desa Cikolelet Serang Banten

Diperbarui: 8 Oktober 2022   14:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Tradisi memperingati perayaan atau pelaksanaa Maulid Nabi Muhammad S.A.W di Desa Cikolelet Kabupaten Serang Banten berlangsung meriah. Masyarakat Desa sekitar menggelar santunan Anak Yatim Piatu dan selawatan bareng.
Kelahiran Nabi Muhammad S.A.W dirayakan tiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah. Tanggal itu jatuh pada : Sabtu 8/Oktober/2022. Namun, sebagian umat Islam mulai merayakannya sejak kemarin.

Salah satunya di Kp Cigalenggang  Desa Mekar Sari Serang Banten. Warga merayakan dengan melakukan tradisi membacakan puji-pujian Islami dan selawatan yang diiringi Pawai Obor. Pawai Obor sendiri adalah seni budaya yang mengolaborasikan irama musik tradisional Sunda-Arab dengan selawat nabi. selain itu juga Warga melakukan kegiatan lain seperti mendengarkan tausiyah islam yang biasa nya mendatangkan ustadz atau kiayi ternama.

meskipun tak sedikit umat islam yang ber beda pendapat menganggap bahwa Memperingati perayaan Maulid Nabi S.A.W adalah bid'ah, tapi nyata nya setaip memasuki bulan Hijriyah masih banyak sekali umat islam yang tetap memperingati justru menganggap sebalik nya. 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline