Lihat ke Halaman Asli

mahdi kabar kaltim

editor dan pembuat berita

Kanwil Kemenkumham Kaltim Adakan Sosialisasi Perseroan Perorangan di Kota Balikpapan

Diperbarui: 22 Mei 2023   09:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kakanwil membuka  kegiatan Sosialisasi Perseroan Perorangan. Dokpri

Balikpapan, 16 Mei 2023. Bertempat di Ballroom Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Bidang Pelayanan Hukum, Subbidang Pelayanan Administrasi Hukum Umum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur melakukan sosilaisasi layanan Perseroan Perorangan dan Pelaporan Benefecial Ownership Tahun Anggaran 2023 dengan tema "Peningkatan Perseroan Perorangan dan Pelaporan Beneficial Ownership (BO) Sebagai Pendorong Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat". Kegiatan  sosialisasi Layanan Perseroan Perorangan dan Pelaporan Benefecial Ownership ini dibuka oleh Sofyan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur didampingi oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Balikpapan dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan.

"UMKM mempunyai peran penting dalam pembangunan ekonomi. Hal ini dikarenakan tingkat penyerapan tenaga kerja yang relatif tinggi dan kebutuhan modal investasinya yang kecil, UMKM bisa dengan fleksibel menyesuaikan dan menjawab kondisi pasar yang terus berubah, sehingga Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM RI mengakomodir pelaku UMKM menjadi entitas hukum yang mandiri meskipun didirikan dan dimiliki oleh 1 (satu) orang saja serta memiliki modal yang kecil." ujar Sofyan pada sambutannya. 

Sofyan menambahkan dengan pelaku UMKM yang telah menjadi entitas hukum Perseroan Perorangan diharapkan perbankan dan lembaga pembiayaan lainnya turut serta memberikan akses yang mudah untuk memperoleh pembiayaan modal usaha sehingga Perseroan Perseorangan dapat meningkat bahkan menjadi Perseroan Terbatas. "Semoga dengan adanya sosialisasi ini dapat mendorong peningkatan Perseroan Perorangan bagi pelaku UMKM di Kalimantan Timur dan Utara sehingga mampu mendorong Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat pasca pandemic covid-19." tutup Sofyan dalam sambutannya.

Laporan panitia penyelenggara disampaikan oleh Santi Medina, Kepala Bidang Pelayanan Hukum, selaku ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan sebagai informasi dan mengenalkan kepada stakeholder terkait dan masyarakat tentang adanya jenis badan usaha yang berbadan hukum terbaru, yakni Perseroan Perorangan serta meningkatkan jumlah korporasi (PT, CV, Yayasan dan Koperasi) yang melaporkan pemilik manfaat (Beneficial Ownership) ke sistem AHU Online.

Kegiatan sosialisasi kali ini menghadirkan 3 narasumber yaitu Nurial Anggraini, S.H., selaku Kepala Subbagian Tata Usaha Direktorat Perdata Direktorat Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM RI, Hendra., ST., MSi., selaku Penata Perizinan Ahli Muda - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Balikpapan, serta Ida Mahmida, S.H., selaku Analis Hukum Pertama - Direktorat Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM RI.

Peserta yang hadir pada kegiatan layanan sosialisasi ini berasal dari pelaku Organisasi Perangkat Daerah, UMKM, Notaris, Kadin, perwakilan dari beberapa bank serta beberapa stakeholder di wilayah Kota Balikpapan. Seluruh peserta yang hadir secara langsung maupun melalui daring sangat antusias dalam mengikuti pelaksanaan sosialisasi ini




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline