Lihat ke Halaman Asli

Mahatma Kresnha Radityo

Mahasiswa Universitas Padjadjaran, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Program Studi Perikanan.

Analisis Ekado Ikan Tongkol

Diperbarui: 11 November 2021   15:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

“ANALISIS PEMASARAN EKADO IKAN TONGKOL”

Oleh

Junianto1 dan Mahatma Kresnha Radityo2

  • Dosen Departemen Perikanan_UNPAD
  • Mahasiswa Program Studi Perikanan _ UNPAD

 

            Ikan tongkol merupakan jenis ikan pelagis yang terpenting dari potensi sumberdaya perikanan laut di Indonesia.  Ikan tongkol sebagaimana jenis ikan lainnya memiliki  protein dengan nilai biologis tinggi.   Daging ikan memberikan rasa yang khas yaitu gurih, warna dagingnya agak kemerahan. 

Daging ikan tongkol dapat diolah menjadi berbagai produk diantaranya dapat dibuat sebagai Ekado.  Ekado ikan adalah produk olahan hasil perikanan yang dibuat dari daging ikan cincang dengan penambahan tepung tapioka, telur dan bumbu-bumbu. Spesfikasi dari produk ini adalah adonan daging ikan dibungkus dengan kulit pangsit dan dibentuk seperti kantong yang diikat bagian atasnya dengan daun kucai. Proses pembuatan ekado ikan yang memadukan cara pengawetan ikan dengan pemasakan, penambahan bumbu-bumbu tertentu dan penggorengan aau pengukusan. Produk ini mempunyai tekstur yang lembut rasa dan aroma yang khas

Di Indonesia ekado bisa di temui di restoran restoran Jepang. Meskipun ekado ini bukan merupakan makanan asli dari Indonesia, namun di Indonesia sendiri olahan makanan ekado ini cukup banyak pecintanya.

Kebutuhan fisiologis merupakan kebutuhan paling mendasar bagi manusia. Kebutuhan ini disebut juga sebagai kebutuhan primer, seperti makan, minum, pakaian, dan tempat tinggal. Kebutuhan sosial ini meliputi kebutuhan kasih sayang, rasa memiliki, bersosialisasi, penerimaan, dan persahabatan. Kebutuhan psikologi adalah segala sesuatu yang dapat memberikan perasaan bahagia dan sejahtera dalam hidup. ekado ikan termasuk kedalam kebutuhan fisiologis karena mampu memenuhi kebutuhan asupan makanan untuk konsumen.

Pada dasarnya segmentasi pasar merupakan strategi yang didasarkan pada falsafah manajemen pemasaran yang berorientasi pada konsumen. Dengan melaksanakan segmentasi pasar kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya perusahaan di bidang pemasaran dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien. Segmentasi pasar berguna bagi perusahaan untuk memiliki suatu produk istimewa yang dapat memenuhi kebutuhan pasar yang menjadi targetnya. Segmentasi pasar yang disasar adalah ibu rumah tangga, dan masyarakat umum. Ekado ikan ini cukup digemari karena rasanya yang enak, praktis, tahan lama dan dapat dijadikan pendamping lauk atau sekedar cemilan yang sehat bagi keluarga.

Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan maka pemasaran produk olahan ekado ikan tongkol dibagi atas beberapa segmen berdasarkan faktor geografisnya yaitu :

  1. Pasar dalam daerah, yaitu lokasi pasar yang berada di kawasan Kabupaten Bandung dan Kota Bandung
  2. Pasar luar daerah, yaitu lokasi pasar yang berada di luar kabupaten Bandung dan Kota Bandung seperti Sumedang, Garut, dan Sukabumi.

Ekado ikan tongkol memiliki berbagai pesaing rival yang memiliki berbagai merk dagang. Pesaing rival merupakan bentuk persaingan dilihat dari bahan baku ikan yang sama, olahan yang sama namun diproduksi oleh merk yang berbeda. Jumlah rival dari produk ekado ikan tongkol adalah >10 dengan merk, pemasaran dan distribusi yang berbeda. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline