Lihat ke Halaman Asli

Mahardika Putri Wisnu

mahasiswa - edukasi

Mahasiswa KKN Undip Lakukan Edukasi Literasi GERMAS kepada Masyarakat Desa Peleman

Diperbarui: 12 Februari 2022   10:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Sragen (6/2/2022) - Kejadian kasus Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia termasuk Kabupaten Sragen hingga saat ini masih banyak ditemukan. Kementerian RI juga menghimbau kepada masyarakat semua untuk tetap menerapkan gaya hidup sehat pasca Covid-19 agar tetap terjaga imunitas diri sehingga terhindar dari penyakit yang mudah menular. Terlebih sudah ditemukannya kasus varian Covid-19 yang baru yang dinamakan Omicron.

Masyarakat Desa Peleman sendiri sebagian besar telah mendapatkan vaksin pada tahap dosis kedua, namun hal tersebut menjadikan masyarakat abai akan pentingnya gaya hidup sehat yang diterapkan ketika pandemi. Masyarakat mudah abai atau lalai dalam hal budaya hidup sehat seperti mencuci tangan pakai sabun, melakukan olahraga, makan makanan gizi seimbang, kurangnya menerapkan protokol kesehatan, selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan lainnya yang sudah jarang diterapkan pasa Covid-19 seperti sekarang ini.

Informasi mengenai varian baru Omicron sendiri masih sedikit masyarakat yang mengetahui dan paham akan kebenaran informasi yang disajikan di media digital.  Sebagian masyarakat Desa Peleman masih kurang dalam hal mengikuti perkembangan informasi ataupun berita terkini melalui media digital dan media sosial. Masyarakat juga kebanyakan memanfaatkan media televisi sebagai media untuk mencari dan menemukan informasi kesehatan terkini. Sehingga hal tersebut menjadikan masyarakat kurang menerapkan gaya hidup sehat di kehidupan sehari - harinya.

dokpri

Dengan adanya permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Undip menanggapi dengan mengadakan edukasi dengan pemanfaatan media Kemas Ulang Informasi berupa pembagian Poster Literasi GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang digunakan sebagai media untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Peleman. Poster juga disebarkan per rumah warga RT 13 Dukuh Platuk, Desa Peleman yang sekaligus diberikan edukasi singkat kepada warga terlebih yang sudah lanjut usia, yang mungkin kurang mengikuti perkembangan informasi kesehatan melalui media digital. Selain itu, mahasiswa KKN Undip juga memasang atau menempelkan poster Literasi GERMAS di tempat umum atau tempat yang mudah untuk dijumpai oleh masyarakat setempat.

Harapannya dengan dilaksanakannya kegiatan ini, dapat memberikan pengetahuan, pemahaman dan mengubah kebiasaan buruk yang masih diterapkan di kehidupan sehari -- hari warga Desa Peleman menjadi "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Cegah Penyebaran Omicron". Sehingga masyarakat Desa Peleman dapat terhindar dari berbagai penyakit yang memungkinkan mudah untuk menular.

Oleh: Mahardika Putri Wisnu

DPL: Muhyidin, S.Ag, M.Ag, MH




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline