E- commerce( perdagangan elektronik) merupakan aktivitas membeli ataupun menjual produk secara elektronik pada layanan online ataupun lewat Internet. E- commerce mengacu pada teknologi semacam mobile commerce, transfer dana elektronik, manajemen rantai pasokan, pemasaran Internet, pemrosesan transaksi online, pertukaran informasi elektronik( EDI), sistem manajemen inventaris, serta sistem pengumpulan informasi otomatis. E- commerce pada gilirannya didorong oleh kemajuan teknologi industri semikonduktor, serta ialah zona terbanyak dari industri elektronik.
E- commerce umumnya memakai website buat paling tidak sebagian dari siklus hidup transaksi walaupun bisa jadi pula memakai teknologi lain semacam email. Transaksi e- commerce yang universal mencakup pembelian produk( semacam novel dari Amazon) ataupun layanan( semacam unduhan musik dalam wujud distribusi digital semacam iTunes Store). Terdapat 3 bidang e- commerce: ritel online, pasar elektronik, serta lelang online. E- commerce didukung oleh bisnis elektronik.
Bisnis e- niaga pula bisa memakai sebagian ataupun seluruh perihal berikut:
- Belanja online buat penjualan eceran langsung ke konsumen lewat web website serta aplikasi seluler, serta perdagangan obrolan lewat percakapan langsung, chatbot, serta asisten suara
- Sediakan ataupun berpartisipasi dalam pasar online, yang memproses penjualan business- to- consumer( B2C) ataupun consumer- to- consumer( C2C) pihak ketiga
- Jual beli business- to- business( B2B)
- Mengumpulkan serta memakai informasi demografis lewat kontak website serta media sosial
- Pertukaran informasi elektronik B2B
- Pemasaran ke calon pelanggan serta pelanggan mapan lewat email ataupun faks( misalnya, dengan buletin)
- Ikut serta dalam pretail buat meluncurkan produk serta layanan baru
- Pertukaran keuangan online buat pertukaran mata duit ataupun tujuan perdagangan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H