Lihat ke Halaman Asli

Maharani Syawalli

Mahasiswa di Universitas Pamulang

Sistem Pengendalian Manajemen Pada PT. Kalbe Farma Tbk

Diperbarui: 18 Juni 2024   16:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://web.facebook.com/KalbeFarma.Tbk/?_rdc=1&_rdr

Sistem Pengendalian Manajemen Pada PT. Kalbe Farma Tbk.

Sistem Pengendalian Manajemen merpakan suatu sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk memastikan kinerja dan operasi yang dilakukan perusahaan mereka berjalan sesuai dengan rancangan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya, serta memastikan bahwa semua karyawan/staff perusahaan bertindak sesuai dengan nilai standar yang dimiliki perusahaan. Sistem pengendalian manajemen meliputi pengukuran kinarja, analisis, dan pengendalian proses yang dilakukan dalam organisasi. Dengan dilakukannya sistem pengendalian manajemen pada perusahaan dengan tujuan untuk membantu para manajer perusahaan untuk mencapai visi misi dan tujuan perusahaan yang telah mereka rencanakan sebelumnya.

PT Kalbe Farma Tbk adalah sebuah perusahaan farmasi yang memiliki kantor pusat di Jakarta. Produk yang dihasilkan dari perusahaan ini dijual di 43 negara yang tersebar di 5 benua. Melalui anak perusahanya, mereka juga mengoperasikan sejumlah klinik kesehatan dan laboratorium klinik. Kalbe telah jauh berkembang dari usaha sederhana di sebuah garasi menjadi perusahaan farmasi terdepan di Indonesia sampai memberikan akses kesehatan bagi masyarakat.Kalbe juga aktif mendistribusikan vaksin dan memberikan vaksinasi kepada lansia, masyarakat umum dan karyawan.

Salah satu sistem pengendalian manajemen yang diterapkan oleh PT. Kalbe Farma Tbk pada bagian pelaksanaan dan pengukuran kinerja dengan menggunakan Balanced Scorecard. Tujuan dari penerapan sistem ukuran kinerja adalah untuk melaksanaan strategi yang sudah dirancang. Dalam menetapkan sistem tersebut, manajer senior memilih bagian-bagian yang paling mewakili strategi perusahaan. Bagian-bagian tersebut dapat dilihat sebagai faktor keberhasilan penting pada masa kini dan masa depan. Jika bagian-bagian tersebut membaik, berarti perusahaan telah menjalankan strateginya dengan baik. Keberhasilan strategi bergantung pada kekuatan dan penerapan sistem tersebut. Sistem pengukuran kinerja hanyalah suatu dari sebagian mekanisme yang memperbaiki kemungkinan bahwa perusahaan tersebut akan menjalankan strateginya dengan berhasil.

PT Kalbe Farma Tbk selalu melakukan penilaian secara berkala terhadap kompensasi karyawan guna menjaga kesetaraan dengan standar industri. Standar keselamatan dan kesehatan kerja dalam semua aspek pada produksi juga perlu ditingkatkan untuk mencapai kesejahteraan karyawan yang optimal.

Penerapan Balance Scorecard pada PT. Kalbe Farma.

Penilaian kinerja yang dilakukan dengan balaced scorcard pada PT. Kalbe Farma Tbk menunjukkan peningkatan kinerja pada perspektif pelanggan, bisnis internal serta perspektif inovasi dan pembelajaran. Sedangkan pada perspektif keuangan menunjukkan penurunan. Hal ini dikarenakan kondisi eksternal yang tidak dapat mendukung, seperti meningkatnya harga bahan baku yang dapat mengurangi lebih banyak biaya dan peraturan kebijakan regulasi terhadap penurunan harga obat generik.

Penerapan BSC pada PT Kalbe Farma Tbk, perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia, dapat membantu mereka dalam mencapai tujuan strategis mereka dengan lebih efektif. Berikut adalah cara penerapan BSC dapat bermanfaat bagi PT Kalbe Farma Tbk:

1. Perspektif Keuangan: PT Kalbe Farma dapat mengukur kinerja keuangan mereka dengan metrik seperti pendapatan, laba bersih, dan pertumbuhan laba. Mereka juga dapat memperhatikan efisiensi biaya dan alokasi modal untuk meningkatkan profitabilitas dan nilai perusahaan.

2. Perspektif Pelanggan: Fokus pada kepuasan pelanggan sangat penting dalam industri farmasi. PT Kalbe Farma dapat mengukur tingkat kepuasan pelanggan, pangsa pasar, dan retensi pelanggan. Mereka dapat menggunakan data ini untuk meningkatkan kualitas produk, layanan, dan pelayanan pelanggan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline