Lihat ke Halaman Asli

Menganalisis Filsafat Ilmu

Diperbarui: 4 Desember 2019   06:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

ilmu filsafat adalah suatu bagian yang mempelajari dasar dasar filsafat, suatu bagian dari filsafat dan implikasi dari ilmu alam dan sosial.

objek - objek filsafat ilmu ada dua yakni material dan formal. material adalah apa yang dipelajari dan dikupas sebagai suatu bahasan atau sasaran. sedangkan formal adalah cara pendekatan yang dipakai oleh objek material.

adapun problematika filsafat ilmu yaitu suatu masalah yang disejajarkan dengan tndakan diskusi landasan pengembangan pengetahuan ontologis, epitimologis, dan aksiologis. yang pertama adalah landasan ontologis yaitu kebenaran ilmu, yang kedua landasan epistimologis yaitu bahan asal muasal suatu konsep dan metode penghasil sebuah kebenaran. yang ketiga adalah aksiologis yaitu implikasi, penerapan, penafsiran dari suatu ilmu.

fungsi dan arah filsafat ilmu. fungsi filsafat ilmu adalah membantu mendalami suatu pertanyaan, sebagai kritik ideologi menganalisis, sebagai dsar metode wawasan, sebagai dasar paling luas untuk berpartisipasi secara kritis, dan memberikan wawasan lebih luas dalam menyelesaikan masalah masalah. arah filsafat ilmu adalah pembekalan suatu pemahaman terhadap wawasan, untuk lebih memanusiakan diri sendiri, agar mempertahankan sikap yang objektif, agar berfikir secrara holistik, agar berfikir kritis, mandiri dan tidak bergantung pada orang lain.

manfaat filsafat ilmu adalah sebagai saran sehingga dapat berfikir kritis secara ilmiah, usaha merefleksikan apa yang dikembangkan harus dapat dipertanggung jawabkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline