Lihat ke Halaman Asli

Maharani Lupita Putri

Mahasiswa Universitas Jember

Kuliah Kerja Nyata Back to Village III UMKM Ibu Eni

Diperbarui: 23 September 2021   03:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ABSTRAK

Pengabdian Kepada Masyarakat UNEJ ini bekerjasama dengan UMKM Ibu Eni. Dengan tujuan untuk memberikan motivasi bagi UMKM Ibu Eni, Kelurahan Kranjingan Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember agar dapat bangkit dan mandiri dalam masa pandemik. 

Metode yang digunakan dalam Pengabdian ini adalah diskusi dan pemberian materi mengenai Program Inovasi Tehnologi/ informasi Dalam Penanganan Covid19. 

Kesimpulan dari Pengabdian Kepada Mayarakat di UMKM Ibu Eni adalah UMKM membutuhkan bantuan dalam hal inovasi teknologi agar dapat bangkit dan mandiri dimasa pandemik ini. Solusi yang diberikan adalah bantuan pemasaran dengan media sosial dan memperluas jaringan secara offline.

Kata kunci: UMKM, COVID-19, Teknologi.

ABSTRACT 

This UNEJ Community Service collaborates with Ms. Eni's MSMEs. With the aim of providing motivation for Ms. Eni's MSMEs, Kranjingan Village, Sumbersari District, Jember Regency to be able to rise up and be independent during the pandemic. 

The method used in this service is discussion and the provision of material regarding the Technology/Information Innovation Program in Handling Covid19. T

he conclusion of Community Service at Ms. Eni's MSMEs is that MSMEs need assistance in terms of technological innovation so that they can rise up and be independent during this pandemic. The solutions provided are marketing assistance with social media and expanding offline networks.

Keyword: MSME, COVID-19, Technology.

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline