Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Emosi yang Ada pada Diri Kita

Diperbarui: 31 Agustus 2023   12:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.freepik.com

Emosi merupakan bagian terpenting dari manusia serta merupakan aspek  perkembangan yang terdapat pada setiap manusia. Karena emosi, individu mampu untuk  merasakan keadaan dirinya dan mengekspresikan perasaannya secara tepat dan positif.  Emosi pada prinsipnya menggambarkan perasaan manusia menghadapi berbagai situasi  yang berbeda. Oleh karena emosi merupakan reaksi manusiawi terhadap berbagai situasi  nyata maka sebenarnya tidak ada emosi baik atau emosi buruk.

Emosi seringkali dikaitkan dengan perasaan marah. Namun sebenarnya tidak begitu, rasa sedih, kecewa, bahagia, ceria pun termasuk dalam emosi. Oleh karena itu, emosi merupakan sebagai reaksi terhadap rangsangan dari luar dan dalam diri seseorang yang merujuk pada suatu perasaan dan pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis, dan serangkaian kecenderungan yang mendorong diri untuk bertindak (Chaplin, 2002).

Orang yang memiliki kecerdasan emosi bisa memahami orang lain dengan baik dan membuat keputusan dengan bijak. Lebih dari itu, kecerdasan ini terkait erat dengan bagaimana seseorang dapat mengaplikasikan apa yang ia pelajari tentangkebahagiaan, mencintai dan berinteraksi dengan sesamanya. Ia pun tahu tu juan hidupnya, dan akan  bertanggung jawab dalam segala hal yang terjadi dalam hidupnya sebagai bukti tingginya  kecerdasan emosi yang dimilikinya (Ansori, 2020).

Gambaran mental dari seseorang yang cerdas  dalam menganalisa, merencanakan dan  menyelesaikan masalah, mulai dari yang ringan hingga kompleks. Dengan kecerdasan ini,  seseorang bisa memahami, mengenal, dan memilih kualitas mereka sebagai insan manusia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline