Lihat ke Halaman Asli

Yuk Mengenal Bumbu Rempah Bubuk Khas Indonesia!

Diperbarui: 10 Januari 2023   16:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Ketika mendengar rempah-rempah, kita semua pasti akan mengaitkan dengam bumbu khas indonesia yang turun temurun diwariskan sampai saat ini. Indonesia adalah salah satu penghasil Rempah-rempah terbesar di dunia, bahkan pada zaman dahulu, sepanjang abad ke 16 & abad ke 17 para orang-orang dari benua Eropa seperti Belanda, Spanyol atau Portugis saling memperebutkan kekuasaan atas rempah-rempah di tanah air. 

Di era modern ini, dunia kuliner sudah didominasi oleh makanan modern, seperti fastfood yang menjamur dikota-kota besar, makanan yang terpengaruh budaya dari luar negri, makanan tradisional khas asli indonesia seperti Kue Putu, Wedang Tahu dan Bubur bassang secara perlahan mulai jarang ditemukan, bahkan beberapa jenis makanan tradisional sudah banyak yang dinyatakan punah. jadi apasih yang dimaksud "Rempah-rempah" itu? Mari bersama kita simak penjelasan tentang Rempah-rempah dibawah ini..

Apa itu rempah-rempah?

Rempah-rempah merupakan bahan makanan yang terdiri dari kacang-kacangan, biji-bijian, atau dengan bahan lainnya yang kemudian digiling atau ditumbuk sampai berbentuk bubuk halus. Rempah-rempah biasa digunakan sebagai bahan makanan yang berfungsi untuk membuat rasa masakan menjadi lebih enak dan lebih sedap. Rempah-rempah berbeda dengan bumbu penyedap lainnya, rempah-rempah biasa memiliki rasa yang khas, inilah mengapa kebanyakan makanan tradisional indonesia memiliki cita rasa yang khas yaitu rasa rempah tanah air.

Tentang Rempah-rempah asli indonesia

Rempah-rempah khas asli indonesia berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti jawa, sumatra. Beda daerah, bedapula cita rasanya, tiap daerah memiliki rasa rempah khas yang berbeda-beda, namun dari banyaknya perbedaan tersebut, rempah-rempah dari berbagai daerah itu disatukan kedalam masakan tradisional sehingga masakan khas indonesia memiliki cita rasa beragam yang unik dan khas. Kira-kira daerah apa saja penghasil rempah terbaik? Mari bersama kita simak informasi dibawah ini.

  • Sumatra

Sumatra merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia. Pulau Sumatra banyak ditemui rempah khas yang terkenal hingga penjuru Indonesia, Pulau Sumatra menghasilkan beberapa rempah asli indonesia seperti Kayu manis, pala, dan cengkih.. Bahkan, ada beberapa makanan asli Indonesia yang terkenal sampai mendunia, salah satunya adalah makanan khas daerah Minangkabau, Sumatra Barat, yaitu Rendang.

  • Jawa

Pulau jawa merupakan pulau dimana ibukota negara Indonesia berada, yaitu, DKI Jakarta. Pulau ini tak kalah luas dengan pulau Sumatra, dipulau ini juga merupakan penghasil rempah-rempah asli tanah air seperti, jintan, Kemiri, dan Ketumbar. Salah satu menu masakan asli Indonesia yang terkenal dari Jawa adalah Nasi Goreng.

  • Bali

Pulau Dewata, the island of gods merupakan julukan yang diberikan kepada pulau Cantik yang satu ini. Dinamakan pulau Dewata karena kentalnya budaya Hindu dibali. Bali terkenal akan keindahan alamnya yang memesona mata, mulai dari pantai, gunung, buktit, sampai budayanya. Saking indahnya pulau ini, Bali kembali mendapatkan julukan sebagai Surga Terakhir di Bumi atau the last paradise on Earth. Tak hanya terkenal karena keindahannya, Bali juga terkenal akan wisata kulinernya, beberapa rempah-rempah kgas bali seperti Jahe, Kecombrang dan Lengkuas. Sate Lilit merupakan salah satu makanan khas Bali yang mempunyai cita rasa khas dengan rempah yang kuat.

Masakan khas Indonesia memiliki cita rasa beragam dari berbagai rempah di indonesia. Namun, kebanyakan masakan khas Indonesia terbilang sulit untuk dimasak, beberapa faktornya adalah Sulitnya mengolah rempah-rempah sampai menjadi bahan jadi, dan efisiensi waktu saat memasak. 

Indonesia adalah negara maritim yang terdiri dari puluhan bahkan ratusan perbedaan yang tergabung didalamnya. Berbagai keindahan selalu ada di indonesia, salah satunya yaitu, Rempah-rempah yang khas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline