Lihat ke Halaman Asli

Maharani Amini

Mahasiswa Tingkat Akhir

Efektifitas Vaksinasi dalam Penyebaran Covid-19

Diperbarui: 15 November 2021   17:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Dalam 2 tahun ini kita dihadapkan dengan virus yang dinamakan Covid-19 pada awal tahun 2020. Pada saat itu semua Warga Negara Indonesia sampai di belahan Negara lainnya mematuhi program pemerintah yaitu #dirumahsaja. 

Setelah 2 tahun berlalu dan hidup berdampingan dengan virus ini, upaya pemerintah sudahlah banyak di jalani. Yang berawal dari #dirumahsaja, Lockdown, PSBB, PPKM Level 1-5, sampai peraturan protokol-protokol covid-19 lainnya. 

Sampai pada akhirnya pemerintah menyelenggarakan dan mengeluarkan program Vaksinasi untuk pencegahan Covid-19 agar Covid-19 cepat hilang dari dunia. Vaksinasi atau imunisasi yang berperan membuat sistem kekebalan tubuh lebih terjaga. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin COVID-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini. 

Meskipun Vaksin ini tidak melindungi 100% setidaknya dapat melindungi diri kita dari bahayanya virus ini. Selain itu Vaksinasi bertujuan untuk mendorong herd immunity atau kekebalan kelompok. Hal ini sangat penting karna tidak semua orang bisa di vaksin, karena alasan tertentu. 

Kategori yang tidak dapat menerima vaksin adalah orang yang mengidap penyakit serius, anak-anak atau remaja berusia di bawah 18 tahun dan orang yang menderita penyakit tertentu, misalnya diabetes atau hipertensi yang tidak terkontrol. 

Dengan vaksinasi covid-19 ini anda dapat melindungi diri anda sekaligus orang-orang di sekitar anda. Vaksin COVID-19 memang dapat membawa banyak manfaat dengan melindungi kita dari infeksi virus Corona. Namun, perlu diketahui bahwa vaksin ini tidak diberikan kepada orang yang sedang sakit berat atau sudah terinfeksi virus Corona. 

Jadi, pastikan anda selalu memepertahankan daya tahan tubuh anda sendiri karena supaya tidak menyebar penyakit kepada orang lain. Dan jangan lupa selalu mengonsumsi makanan yang baik, vitamin yang cukup, pola hidup yang baik, olahraga yang cukup serta banyak istirahat. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline