Lihat ke Halaman Asli

Partisipasi TIM KKN UIN Walisongo dalam Kegiatan Posyandu Desa Candisari

Diperbarui: 7 Juli 2023   13:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim KKN MIT16 Posko 130 UIN Walisongo dan Kader Posyandu Dusun Sili, Desa Candisari, Foto Dok. Pribadi

Dalam rangka melaksanakan pengabdian masyarakat, Tim KKN Mandiri Inisiatif Terpadu (MIT) ke-16 Tahun 2023 Posko 130 UIN Walisongo Semarang berpartisipasi dalam kegiatan Pos Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu (Posyandu) di Dusun Sili, Desa Candisari, Kecamatan Mranggen, Kelurahan Karangboyo, Kota Demak pada hari Jumat, 7 Juli 2023 yang dikoordinasi oleh Ibu Hj. Hamidah. Kegiatan Posyandu ini dimulai pukul 09:00-12:00 WIB dilaksanakan setiap satu bulan sekali di Balai Posyandu Desa Candisari setiap Dusun.

Dalam pelaksanaan Posyandu (Pos Kesehatan Terpadu) terdapat berbagai program, yaitu Program kesehatan anak yang bertujuan untuk memantau kembang tumbuh anak untu menghindari kekurangan gizi atau gizi buruk pada anak, dan meningkatkan kualitas gizi dengan pemberian vitamin untuk balita. Mahasiswa KKN Posko 130 berperan membantu para kader posyandu yang bertugas, seperti penimbangan balita, pendataan berat badan balita, dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dilakukan kepada balita sebagai upaya untuk mencegah terjadinya masalah gizi pada balita. Maka dari itu, peran kader Posyandu menjadi tim penggerak sangatlah penting untuk menyampaikan informasi yang tepat kepada sasaran terkait Pemberian Makanan Tambahan. Pemberian Makanan Tambahan di Dusun Sili, Desa Candisari bagi balita yang telah hadir di posyandu, berupa bubur ayam.

Mahasiswa Tim KKN MIT16 Posko 130 UIN Walisongo berharap adanya kegiatan posyandu balita di Desa Candisari ini dapat membantu dalam mengontrol perkembangan anak serta membantu untuk memperbaiki gizi balita agar tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya masing-masing. Oleh karena itu, para ibu sebaiknya memiliki kesadaran betapa pentingnya membawa balita ke Posyandu secara rutin untuk selalu mengontrol dan menjaga perkembangan gizi anaknya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline