Literasi dan numerasi merupakan keterampilan dasar yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Namun, tidak semua siswa memiliki akses dan minat yang tinggi terhadap kegiatan membaca dan berhitung. Untuk mengatasi hal ini, program pemberdayaan Pojok Baca di perpustakaan SDN Selorejo 01 Kec. Kawedanan, Magetan diinisiasi sebagai salah satu langkah strategis dalam meningkatkan minat baca dan kemampuan numerasi siswa.
Perpustakaan sekolah sering kali kurang dimanfaatkan secara maksimal karena berbagai keterbatasan, seperti ketersediaan bahan bacaan yang terbatas dan kurangnya metode yang menarik untuk menarik perhatian siswa. Pojok Baca menjadi salah satu solusi yang diharapkan dapat meningkatkan daya tarik perpustakaan dengan menghadirkan suasana yang lebih nyaman dan koleksi buku yang lebih bervariasi serta interaktif.
Tujuan dari Program Kerja ini antara lain:
- Meningkatkan minat baca siswa dengan menghadirkan ruang baca yang nyaman dan menarik.
- Mempermudah akses terhadap bahan bacaan yang sesuai dengan usia dan tingkat pemahaman siswa.
- Mengembangkan keterampilan literasi dan numerasi melalui berbagai kegiatan edukatif.
- Mendorong siswa untuk lebih aktif menggunakan perpustakaan sebagai sarana belajar mandiri.
Adapun kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-T PM Universitas PGRI Madiun kelompok 16 adalah sebagai berikut:
1. Pengadaan dan Pengelolaan Pojok Baca
Mahasiswa KKN-T PM Universitas PGRI Madiun bersama pihak sekolah melakukan perencanaan tata letak dan dekorasi Pojok Baca agar lebih menarik bagi siswa. Rak-rak buku ditata dengan rapi, dilengkapi dengan poster motivasi membaca, serta fasilitas tempat duduk yang nyaman.
2. Penyediaan Buku dan Media Interaktif
Untuk meningkatkan literasi, berbagai jenis buku seperti cerita anak, ensiklopedia, buku pengetahuan umum, serta komik edukatif disediakan. Sementara itu, untuk mendukung numerasi, disediakan buku permainan angka, puzzle, dan alat bantu hitung yang menarik.
3. Program Baca Bersama dan Bedah Buku
Setiap minggu, diadakan sesi membaca bersama yang dipandu oleh mahasiswa KKN-T PM Universitas PGRI Madiun maupun guru. Setelah membaca, siswa diajak berdiskusi mengenai isi buku agar mereka lebih memahami dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis.