Lihat ke Halaman Asli

Kontes Foto "Tree Of The Year 2012" Greenweb dan Chevron

Diperbarui: 25 Juni 2015   04:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Menyambut Hari Bumi dan Hari Lingkungan Hidup 2012, Greenweb –jejaring sosial pertama berbasis lingkungan hidup – dengan dukungan program Green Corridor Initative Chevron menyelenggarakan  pemilihan “Tree of The Year 2012”, pemilihan pohon yang memiliki penampilan dan kisah terbaik di Indonesia. Tujuan utamanya adalah untuk menghargai kembali pohon yang memiliki peran sentral bagi kehidupan manusia dan komunitas di Indonesia. Pohon dan manusia Indonesia adalah bagian tak terpisahkan sepanjang sejarah. Pohon membangun peradaban menjadi sarana kehidupan. Pohon membangkitkan kebudayaan sebagai hasil karya cipta. Pohon memberi kehidupan dalam bentuk hasil nabati, udara segar dan air bersih. Dan pohon menginspirasi, dalam hamparan keindahan hutan. Kini, peran itu makin menjauh. Pohon semakin tidak dihargai. Greenweb Indonesia bersama Chevron melalui kegiatan Tree of The Year 2012 berusaha mendekatkan kembali pohon dalam konteks kehidupan manusia Indonesia. Cara ikut serta: ⌘   Pilih sebatang pohon yang akan diikutsertakan dalam kontes Tree of The Year. Pohon tidak terbatas dari jenis tertentu, ukuran tertentu ataupun berasal dari daerah tertentu. Seluruh jenis pohon bisa diikutsertakan asal memenuhi kriteria: Memiliki arti penting baik secara pribadi, sosial, ekologis, ekonomis, budaya, ilmu pengetahuan, geografis, keindahan dan lain-lain. ⌘   Memotret pohon tersebut dalam format JPEG dan meringkaskan ukurannya sebesar 100kb-300kb. ⌘   Masuk/ bergabung ke green.web.id dan mengunjungi halaman Green Corridor serta me”like” halaman tersebut. ⌘   Mengunggah foto pohon tersebut ke kategori Tree of The Year 2012 dan menuliskan keterangan foto sepanjang 3-5 paragraf (maks. 250 kata) tentang kisah pohon tersebut, mengapa layak menjadi Tree of The Year. ⌘   Tiap peserta boleh mengirimkan maksimal 3 pohon (tiap pohon satu foto) sebagai peserta Tree of The Year 2012. ⌘   Pohon yang terpilih menjadi finalis wajib dikirimkan foto file ukuran aslinya dan belum diolah secara digital, serta keterangan detil lokasi pohon untuk proses verifikasi. Kriteria Penilaian: Kriteria penilaian didasarkan kepada 2 hal: ⌘   Nilai artistik/ keindahan tampilan dari pohon peserta melalui foto yang dikirimkan. ⌘   Kisah pohon tersebut yang diwakili oleh keterangan fotonya. Kategori Peserta:

  1. Pelajar/ Mahasiswa khusus untuk pohon di lingkungan sekolah/ kampus, dibuktikan dengan kartu pelajar/ mahasiswa apabila dinyatakan sebagai pemenang, keikusertaan atas nama sekolah/ kampus.
  2. Umum, bisa sebagai individu ataupun kelompok.

Waktu: Lomba dibuka sejak tanggal 01 Mei 2012 dan ditutup pada tanggal 7 Juni 2012. Tidak ada korespodensi dengan panitia. Hadiah: Kategori Umum Juara 1: ⌘   1 wind home system (200 watt) senilai 8,5 juta rupiah ⌘   1 petak hutan (300 pohon) akan ditanam atas nama Juara 1 di kawasan lintasan hijau Gunung Salak-Gunung Halimun Juara 2: ⌘   1 solar home system (100 watt) senilai 5 juta rupiah ⌘   1 petak hutan (200 pohon) akan ditanam atas nama Juara 2 di kawasan lintasan hijau Gunung Salak-Gunung Halimun Juara 3: ⌘   1 portable solar charger system senilai 3,5 juta rupiah. ⌘   1 petak hutan (100 pohon) akan ditanam atas nama Juara 3 di kawasan lintasan hijau Gunung Salak-Gunung Halimun Kategori Pelajar Juara 1: ⌘   1 wind home system (200 watt) senilai 8,5 juta rupiah akan dipasang di sekolah pemenang. ⌘   1 petak hutan (300 pohon) akan ditanam atas nama Juara 1 di kawasan lintasan hijau Gunung Salak-Gunung Halimun Juara 2: ⌘   1 solar home system (100 watt) senilai 5 juta rupiah akan dipasang di sekolah pemenang. ⌘   1 petak hutan (200 pohon) akan ditanam atas nama Juara 2 di kawasan lintasan hijau Gunung Salak-Gunung Halimun Juara 3: ⌘   1 portable solar charger system senilai 3,5 juta rupiah akan dipasang di sekolah pemenang. ⌘   1 petak hutan (100 pohon) akan ditanam atas nama Juara 3 di kawasan lintasan hijau Gunung Salak-Gunung Halimun * Hadiah diberikan di Jakarta, untuk luar Jakarta, ongkos kirim ditanggung pemenang. Juri: ⌘   Dali Mulia Sadli, Project Manager Green Corridor Initiative, Chevron Geothermal Operations. ⌘   Haryanto R. Putro, Kepala Laboratorium Pengelolaan Kawasan Konservasi, Fakultas Kehutanan IPB. ⌘   Tantyo Bangun, Co-founder, Greenweb Indonesia. * Tidak diadakan korespondensi dalam penjurian Keputusan Juri mutlak, tidak dapat diganggu-gugat. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada Tanggal 10 Juni 2012 di situs Greenweb Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline