Lihat ke Halaman Asli

Budayakan Cinta Produk Dalam Negeri

Diperbarui: 3 Desember 2020   18:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebagai warga Indonesia menjadi suatu keharusan bagi kita untuk mencintai produk dalam negeri di bandingkan dengan produk luar negeri, karena seperti kita ketahui banyak sekali produk dalam negeri yang tidak kalah jauh dengan produk luar negeri. 

Mengapa, kita harus selalu membudayakan cinta produk dalam negeri? Agar produk dalam negeri mampu bersaing di kancah Internasional dan lebih dikenal oleh masyarakat luas. 

Namun, sebagai masyarakat Indonesia sering merasa lebih berkelas ketika menggunakan produk luar negeri, padahal pemerintah juga sudah menyuarakan untuk selalu mencintai produk dalam negeri di bandingkan dengan produk luar negeri namun kesadaran masyarakatnya yang masih rendah.

Banyak sekali produk dalam negeri yang seharusnya kita banggakan karena produk ini hasil kerajinan tangan sendiri contohnya seperti kerajinan dari tanah liat, kayu atau rotan, tanaman eceng gondok, mendong (rumput rawa) dan sebagainya. Contoh produk dalam negeri dari mendong dan eceng gondok ialah produk khas dari Rajapolah Tasikmalaya seperti tas, sepatu, gantungan hiasan dan lain sebagainya.

Gambar di atas merupakan contoh produk dalam negeri hasil kerajinan tangan sendiri khas Rajapolah Tasikmalaya. Hasil kerajinan nya pun tidak kalah unik dan bagus seperti produk luar negeri, kita sebagai warga Indonesia harus membiasakan menggunakan produk dalam negeri, agar produk kita dapat berkembang terus menerus dan kita senantiasa mempromosikan produk dalam negeri kepada produk luar negeri. 

Tetapi seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan salah satu negara yang melakukan kerjasama perdagangan bebas dengan ASEAN-CHINA yang dikenal dengan ACFTA. Tentunya akan banyak produk luar negeri yang dengan bebas masuk ke Indonesia, jika seluruh masyarakat Indonesia menggunakan produk dalam negeri pastinya akan meningkatkan pendapatan Nasional Indonesia dan sebaliknya jika masyarakat lebih memilih menggunakan produk luar negeri pasti akan berdampak pada pendapatan Nasional Indonesia.

Jika dengan adanya permintaan produk dalam negeri yang tinggi, menuntut jumlah produksi yang dihasilkan juga meningkat dan akan membuka pekerjaan baru bagi masyarakat. Hal tersebut, dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi masyarakat yang kebutuhan ekonominya belum mencukupi. Kita harus semangat dalam membudayakan produk dalam negeri dan selalu mengembangkan produk dalam negeri agar negara kita bisa menjadi negera maju dan berkembang untuk kedepannya. 

Kita juga harus bangga menggunakan produk dalam negeri dan selalu membudayakannya agar negara lain dapat tertarik pada produk yang kita gunakan. Karena jika bukan dari masyarakatnya sendiri yang mampu mengembangkan produk dalam negeri lantas siapa lagi? Maka dari itu mulailah dari sekarang kita sebagai masyarakat Indonesia untuk "Cinta Produk Dalam Negeri".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline