Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Agus Z A

Pegiat Usaha

Penanaman Sawi Hijau untuk RPL Ibu-ibu PKK

Diperbarui: 10 Januari 2021   14:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Malang, Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Gelombang 14 Kelompok 52 melakukan penamanam sawi hijau dalam polybag yang ditempatkan didepan rumah-rumah warga Rt.02 Rw.04 Dusun Banjartengah, Kec. Dau, Kab. Malang.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Penyemaian benih Sawi Hijau dilakukan dengan media pupuk dan tanah dalam wadah dengan ukuran 50cm x 30cm sebanyak 2 buah. Benih ditaburkan dalam media semai atau media semai dilubangi sedalam 0,5 cm. Benih sawi diletakkan pada tempat yang tidak terlalu terkena sinar matahari, dan disiram 2 kali dalam sehari. Bibit sawi siap tanam pada umur kurang lebih selama 3 minggu. 

Perbandingan bahan media tanam yaitu tanah, pupuk, dan sekam sebanyak 2:1:1. Kemudian, bahan-bahan tersebut dicampur rata. Setelah rata, masukkan ke dalam polybag yang sudah disediakan. Diamkan media tanam selama 3 hari, setelah itu dapat digunakan untuk menanam.

dok. pribadi

Tujuan progam penanaman sawi hijau ini yaitu untuk memberdayakan ibu-ibu PKK Rt.02 Dusun banjartengah dan memanfaatkan lahan depan rumah yang kosong. Hasil dari penjualan sawi hijau ini akan masuk dalam pembukuan PKK Rt.02 yang mana akan digunakan untuk mengembangkan potensi yang ada di Rt.02. 

Menurut ibu Pid selaku ibu kasun Dusun Banjartengah sangat senang dengan adanya program ini karena dapat menambah kegiatan ibu-ibu PKK dan dapat menambah pemasukan kas ibu-ibu PKK.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline