Lihat ke Halaman Asli

M. Agung Rizaldi

Mahasiswa Universitas Airlangga

Keindahan Waduk Gongseng, Sarana Wisata Baru di Bojonegoro

Diperbarui: 14 Juni 2022   15:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Kalau berbicara wisata yang ada di Bojonegoro maka orang-orang akan membicarakan wisata Kayangan api, padahal destinasi wisata yang ada di Bojonegoro sangat banyak. Salah satunya yang baru-baru ini diresmikan oleh presiden Joko Widodo yakni waduk Gongseng.

Waduk Gongseng merupakan bendungan baru yang dibangun pemerintah di Bojonegoro. Waduk ini terletak di Desa Kedungsari Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro. Waduk atau bendungan ini tergolong besar. Bendungan ini mampu menampung air hingga 22,43 juta meter kubik. Ditargetkan dapat mengairi persawahan seluas 6.191 hektar. Karena bendungan ini cukup besar maka membutuhkan waktu yang lama untuk pembangunannya. Pembangunan waduk ini memakan waktu sekitar 7 tahun, dengan menghabiskan dan sebesar 578 milyar rupiah.

Fungsi utama dibangunnya sebuah bendungan adalah menampung air untuk memenuhi kebutuhan air sehingga tidak terjadi kekeringan, namun selain itu dibangunnya sebuah bendungan juga memberikan manfaat lain yaitu sebagai destinasi wisata. Seperti Waduk atau Bendungan Gongseng ini. Waduk gongseng didesain dengan cukup menarik sehingga sangat layak untuk dijadikan destinasi wisata. Selain itu waduk ini juga ditunjang dengan lokasinya yang berada di tengah hutan yang hijau nan asri, membuat waduk ini memiliki udara sejuk dan pemandangan alam yang luar biasa. keindahan waduk ini mampu menarik minat masyarakat untuk dijadikan destinasi wisata saat hari libur.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline