Lihat ke Halaman Asli

Bukan Sebuah Kegagalan Hanya Tertundanya Sebuah Keberhasilan

Diperbarui: 26 Juni 2015   06:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Kegagalan bagi saya adalah sebuah perjalanan. Terserah apakah kita akan berhenti sebelum sampai ke tujuan atau kita melanjutkannya dengan berbagai beban konsekuensi dari perjalanan itu sendiri.

Kegagalan itu bukanlah sesuatu yang 'tidak berguna,' sebab kegagalan itulah yang menempa kita, memberi pembelajaran kepada kita tentang kematangan, konsep persaingan... atau barangkali Allah tengah menarbiah kita untuk meyakini bahwa Dia-lah penentu segala urusan.

Kegagalan membuat kita semakin mengimani takdir.

Bagi saya, setiap keberhasilan yang tertunda yang menyapa saya, mampu mengungkapkan maknanya untuk saya. Bukankah hidup adalah perjuangan? Lalu apakah makna perjuanngan? Perjuangan adalah suatu garis, suatu proses, bukan suatu titik. Yang ada adalah garis mendaki, menurun dan garis mendatar. Pencapaian adalah suatu titik yang segera akan dilalui, akan lenyap atau tumbuh tergantung amal pemeliharaannya. Perjuangan adalah usaha peyempurnaan dan pemeliharaan yang tak kunjung putus selama hayat masih dikandung badan.

Bukan sebuah kegagalan. Hanya tertundanya sebuah keberhasilan pada saat itu.Yah, ketika sebuah keberhasilan yang tertunda sedang menyapa kita,Tuhan memang Maha Mengetahui bahwa hal itu bukanlah yang terbaik untuk episode kehidupan kita saat itu. Mungkin, hal itu akan yang menjadi yang terbaik bagi kita pada episode-episode kehidupan yang akan datang. Namun, bukan berarti kita harus menyerah. Kita tidak pernah tahu saat kapan kita menggapai sebuah keberhasilan. Bukan lagi sebuah keberhasilan yang tertunda. Sebuah keberhasilan yang memang membentuk sebuah wujud yang nyata. Kita hanya perlu melakukan satu hal. Teruslah mencoba dengan cara yang terbaik!

Kenapa masih ragu Kita akan sanggup untuk meraih pencapaian tinggi. Dan, mengambil tanggung jawab atas semua yang terjadi pada diri kita tanpa harus menyalahkan kondisi atau siapa pun...

Yakinlah kita akan sanggup untuk mengatasi masalah kita.

Yakinlah bahwa Tuhan tidak akan membebani kita diluar kemampuan kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline