Lihat ke Halaman Asli

Tradisi Tulisan Arab-Pegon Pesantren dalam Majalah "At-Turats"

Diperbarui: 24 Juni 2015   05:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Majalah Arab-Pegon At-Turats adalah majalah yang mempunyai signifikansi sebagai media yang mengetengahkan kembali khazanah Arab-Pegon. Disamping sebagai media pembelajaran (tarbiyyah wa ta’lim), juga sebagai media komunikasi dan informasi (silaturrahim) Pondok Pesantren se-Indonesia, yang mempunyai visi-misi "Nguri-Uri Tradisi,Budaya dan Khazanah Pesantren dalam Upaya Melestarikan Warisan Islam Nusantara".

Media ini didirikan melalui musyawarah mufakat oleh sekelompok Kiai pengasuh pondok pesantren, cendikiawan dan praktisi kepesantrenan pada akhir tahun 2009. Pembentukannya dilatarbelakangi gagasan tentang perlunya pemikiran alternatif dalam membangun masyarakat pesantren.

Majalah yang diasuh oleh Ulama’, Kyai, dan Wartawan yang sarat pengalaman dalam penulisan dan wawasan kepesantrenan, dengan tagline “Min as-Salaf ila as-Salam” ini, hadir dengan frekuensi bulanan, dengan cakupan pendistribusian yaitu Pondok Pesantren yang tersebar di Indonesia, serta Institusi-Institusi yang mempunyai keterkaitan dengan dunia Pesantren (Nasional-Internasional). Secara kelembagaan, Majalah ini berada di bawah naungan Keluarga Yayasan At-Turats Indonesia (KYAI).

Dan berhubungan dengan hal itu, kami memberikan kesempatan kepada Bapak/ Ibu/ Saudara/ Saudari/Para peminat kajian seputar khazanah Pesantren dan Islam Nusantara untuk turut serta andil dan memberikan kontribusinya dalam Furom Diskusi Virtual Majalah At-Turats berbentuk FB.*

Demikian, ditunggu kontribusinya. Semoga group Majalah Arab-Pegon ini bermanfaat, barokah serta dapat menambah wawasan Ke-Pesantren-an dan Islam Nusantara kita. Amin.

*silakan akses di https://www.facebook.com/groups/254156211603/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline