Pelayanan publik begitu diperlukan masyarakat awam yang mengalami kesulitan dalam melakukan suatu hal. Dalam penerapannya, Kecamatan Laweyan menyediakan pelayanan yang membantu masyarakat untuk mengambil berkas penting. Tidak hanya itu, pelayanan publik yang diberikan juga berupa panduan dan pengarahan. Dalam artikel ini akan diceritakan kegiatan pelayanan publik oleh mahasiswa Universitas Slamet Riyadi yang dilakukan di Kecamatan Laweyan.
Terhitung dua bulan sejak tanggal 1 November sampai 31 Desember tahun 2021, mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta dalam pemenuhan mata kuliah magang kerja telah melaksanakan kegiatan. Adapun beberapa bagian yang ditugaskan, salah satunya adalah pelayanan publik.
Mahasiswa memilih instansi Kecamatan dan bagian pelayanan adalah untuk dijadikan tempat mempelajari dan merasakan pengalaman dalam bekerja, khususnya agar dapat belajar berinteraksi langsung dengan masyarakat awam.
Pelayanan yang diberikan dapat berupa pelayanan dalam pengambilan e-KTP, pembuatan KIA, Kartu Keluarga, pengagendaan pernikahan dan masih banyak lagi. Karena masa pandemi beberapa tahun lalu, pelayanan juga dilakukan pengajuan secara online melalui aplikasi 'Dukcapil Dalam Genggaman' yang dapat dengan mudah masayarakat Solo temui di Playstore maupun website.
Dengan berakhirnya kegiatan magang pada bulan Desember lalu, peserta magang kerja selaku mahasiswa Unisri Surakarta ingin mengucapkan terimakasih pada Kecamatan Laweyan untuk ilmu yang sudah diberikan. Kiranya kedepannya dapat bermanfaat bagi semua pihak yang bersangkutan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H