Lihat ke Halaman Asli

magdalena silitonga

orang biasa yang hobby menulis, menggambar, dan jalan-jalan

Keluarga Komputer

Diperbarui: 28 November 2015   16:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Salam hari Sabtu :) :)

Salam semangat buat belajar juga ya :D .

Tadi kita Sudah membahas OS bukan????

Kita berharap semoga teman-teman tidak jenuh untuk belajar ya, oke, semangat!!

Berhubung kita sudah membahas OS atau Operating System sekarang kita mau bahas apa lagi ya??? Oh iya  kita akan melanjutkan ke tahap berikutnya ya teman, yaitu Keluarga Komputer hehehe.... dua hari yang lalu aku nonton di acara teh Sarah Sechan :D bintang tamunya penulis novel Laskar Pelangi, aku terinspirasi dari novel baru yang di terbitkan sang Laskar Pelangi yang berjudul  Ayah, kita belum pernah membayangkan sebatas mana sih pengertian keluarga itu, diceritakan disana ada Keluarga Langit terdiri dari Ayah (Matahari) dan Ibu (Bulan). jadi aku terinspirasi dari situ untuk membuat judul Keluarga Komputer dan yang akan kita bahas adalah  Input Output System mungkin ini sebagai anak-anaknya:D :) semangat!!!

Input-Output System komputer adalah suatu kode software yang ditanam di dalam suatu sistem komputer yang memiliki fungsi utama untuk memberi informasi visual pada saat komputer dinyalakan, memberi akses ke keyboard dan juga memberi akses komunikasi secara low-level diantara komponen hardware, seperti untuk meload sistem operasi dari storage ke RAM. Ternyata Input Output banyak ya fungsinya, Oke kita lanjut ya :)

Pengertian Input Output sendiri dalam bahsa Indonesia adalah masukan dan keluaran. Maka Input adalah semua data dan perintah yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam memori komputer dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan, sedangkan Output adalah pengeluaran untuk menghasilkan informasi yang akan dibutuhkan. itulah sedikit penjelasan tentang pengertian input dan output. Lalu apa contoh Input dan Output ?

Sekarang saya akan membagikannya…

Peralatan Input dan Output merupakan bagian komputer yang mempunyai peranan yang sangat penting karena langsung berhubungan dengan user atau pengguna computer.

Input device (unit masukan) yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer, selain itu ada lagi yang lainnya seperti Joystick (untuk bermain game), mesin scanner (untuk mengambil gambar atau tulisan yang nantinya dpat di manipulasi) dan microphone (untuk merekam suara ke dalam komputer). Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.

Output device (Alat keluaran) contohnya adalah Printer (berfungsi mencetak hasil dari proses komputer ke dalam media kertas), Monitor (berfungsi untuk menampilkan grafik atau gambar dalam komputer), LCD Proyektor (untuk menampilkan gambar  atau data pada screen), Speaker (untuk mengeluarkan output berupa suara). Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam bentuk tulisan, gambar, suara dan lain-lain.

Semoga Bermanfaat ya :) :) :D

 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline