Lihat ke Halaman Asli

Magang Kemenag Kab. Pasuruan

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Kajian Rutin Kemenag Kabupaten Pasuruan Dengan Tema "Puasa Sebagai Perisai"

Diperbarui: 16 Juni 2023   15:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Staff Kemenag Kabupaten Pasuruan

Selama bulan Ramadhan berlangsung Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pasuruan telah melakukan beberapa kegiatan rutin seperti setiap pagi pada pukul 08.00-09.00 WIB melakukan tadarus Al-Qur'an yang dilaksanakan secara online melalui Zoom.

Pada hari ini (Kamis,30/03/2023) Kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan mengadakan kajian ramadhan yang mana kegiatan ini diadakan guna mengisi waktu istirahat selama bulan suci ramadhan. Kajian ramadhan dilakukan setelah shalat dzuhur berjamaah di Aula kantor kemenag lantai 2.

Kajian Ramadhan diawali dengan sambutan dari bapak kepala kantor kemenag kabupaten pasuruan yakni Bapak H. Syaikhul Hadi, S.Ag. Beliau menyampaikan dalam bulan ramadhan ini harus diisi dengan hal yang positif dan bermanfaat. Semoga puasa yang kita lakukan menjadi puasa yang maksimalis bukan minimalis.

 Selanjutnya, penyampian Kajian yang disampaikan oleh Ustadz KH. Muhibbul Aman Ali. Beliau menyampaikan kajian dengan tema "Keutamaan Puasa". sebagai pembuka kajian siang ini beliau menyampaikan "Duduklan kamu selama 1 jam didalam majlis yg dalamnya memabahas ilmu agama. Meskipun kamu tidak mencatat satu hurufpun. Lebih baik bagi kamu dibanding memerdekakan 1000 budak."

Sumber: Staff Kemenag Kabupaten Pasuruan

Puasa merupakan ibadah yang istimewa karena memiliki banyak keutamaan. Diantaranya keistimewaannya yaitu puasa sebagai perisai bagi seorang muslim. Yang dimaksud sebagai perisai disini yaitu puasa sebagai pelindung yang melindungi manusia di dunia dan akhirat. Adapun Syarat agar puasa bisa menjadi perisai yakni:

  • Puasa harus full 30 hari
  • Meninggalkan hal-hal yang tidak baik yang dapat mengurangi pahala puasa. Misalnya: Ghibah
  • Membaca Al-Qur'an. Banyak keutamaan dalam membaca Al-Qur'an di bulan ramadham salah satunya mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Minimal 1 bulan 1x khatam.

Penulis: Sarah Khairunnisa 200106110107




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline