Lihat ke Halaman Asli

magangkemenagbatu

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Monitoring dan Evaluasi Kegiatan di Lembaga Pendidikan Kota Batu

Diperbarui: 17 Juni 2023   00:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Monev di SDN Sumberejo/Dok pribadi

        Kota Batu- Kantor Kementerian Agama Kota Batu menugaskan satu pengawas untuk melakukan monev ke lembaga pendidikan yang ada di Kota Batu. Ibu Siti Zulfa Rosidah, M.Pd.I selaku pengawas pendidikan madrasah bersama mahasiswa magang meninjau langsung  ke beberapa lembaga pendidikan dengan menemui langsung kepala sekolah untuk meminta izin meninjau perkembangan pembelajaran yang ada dilembaga pendidikan tersebut. setelah mendapat izin pengawas pendidikan madrasah menemui beberapa guru yang bersangkutan untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami oleh guru-guru dilembaga pendidikan tersebut yang menghambat keefektifan pembelajaran. selain menanyakan kendala yang terjadi pihak pengawas pendidikan madrasah juga akan memberitahukan informasi terbaru mengenai hal yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa seperti memberikan kebebasan kepada siswa untuk membentuk ruang kelas sesuai dengan keinginan setiap kelas, dan mengubah suasana belajar yang tidak harus selalu dikelas.

        Tujuan dari monev ini untuk memeriksa kembali strategi pelaksanaan kegiatan atau program pada lembaga pendidikan sebagaimana yang telah disusun. Serta menemukan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan penyelenggaraan program atau agenda di lembaga pendidikan tersebut, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam penyelenggaraan program atau kegiatan di lembaga pendidikan tersebut. Hasil dari kegaiatan monitoring ini digunakan lembaga pendidikan untuk memberikan binaan dan masukan untuk perbaikan pelaksaan program selanjutnya.

        Saat melakukan monev pengawas pendidikan madrasah harus sudah membawa data-data yang ingin disampaikan. Pengawas harus menetapkan indikator yang sesuai untuk mengukur kinerja lembaga pendidikan tersebut setelah itu mengumpulkan data-data untuk mengukur indikator yang telah ditetapkan lalu pengawas pendidikan madrasah melakukan analisis data dan mengidentifikasi masalah setelah itu pengawas bersama lembaga pendidikan membuat rencana perbaikan dari analisis data dan identifikasi masalah setelah itu mengimplemtasikan rencana perbaikan dan mengevaluasi hasil implementasi dan membandingkan dengan data sebelumnya dan yang terakhir melakukan siklus pemantauan rutin bagi lembaga pendidikan. Oleh karena itu sangat penting pengawas pendidikan madrasah untuk rutin melakukan monitoring dan evaluasi ke lembaga-lembaga pendidikan, khusunya lembaga pendidikan terpencil.

Monev SDN Pandanrejo/Dok pribadi

penulis : Muthia Kamila Putri 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline