Lihat ke Halaman Asli

Magang Diktis KemenagRI

Magang MBKM Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS) KEMENAG RI

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Gelar Sholat Berjamaah dan Kultum Selama Bulan Ramadhan

Diperbarui: 12 April 2023   22:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama

Rabu (12/04/2023), Bertempat di Lantai 8 mushola Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia menggelar sholat berjamaah dan kultum selama bulan Ramadhan. Kegiatan sholat berjamaah dan kultum ini dilaksanakan setiap hari selama bulan Ramadhan pada waktu sholat dhuhur bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara para pegawai di lingkungan Kementerian Agama RI serta memberikan pencerahan rohani kepada seluruh pegawai yang mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam ceramahnya, kasubdit Kesiswaan Direktorat KSKK, Dr. Imam Bukhori, M.Pd., menyampaikan bahwa  puasa merupakan fasilitas/instrumen yang diberikan Allah SWT agar kita (manusia) menjadi orang yang bertaqwa. Model tingkatan orang berpuasa itu ada tiga, pertama Shaumul Umum (puasanya orang umum). Yaitu puasanya orang yang bisa menahan dirinya dari segala perkara yang membatalkan puasa. 

Kedua, Shaumul Khusus (puasanya orang khusus), yaitu puasanya orang yang bisa menjauhi perkara di tingkatan pertama dan bisa menahan semua anggota tubuh dari perbuatan maksiat. Dan ketiga Shaumul Khususil Khusus (puasanya orang istimewa), yaitu puasanya orang yang menahan hatinya dari urusan duniyawi yang tidak ada hubungannya dengan akhirat. "Orang cerdas itu orang yang bisa mengendalikan nafsu, karena nafsu adalah biang keladi perilaku kita menjadi buruk," ujarnya.

Kegiatan sholat berjamaah dan kultum di Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia ini mendapat antusias  tinggi dari seluruh pegawai yang mengikuti kegiatan tersebut. 

Saat kultum berlangsung para jamaah juga antusias berinfaq mengisi kotak amal keliling yang ada. Sebagai seorang muslim kita diharuskan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT agar senantiasa dilindungi dari perbuatan maksiat dan mendapat petunjuk ke jalan yang benar.

Author: Afidatul Azizah Rena Widyastuti




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline