Lihat ke Halaman Asli

Magang Balai Kota Malang

Magang-Badan Organisasi Sekretariat Balai Kota Malang

Rapat Penyusunan Peta Jabatan dan Hasil Evaluasi Jabatan

Diperbarui: 7 Juni 2023   15:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Bagian Organisasi Balai Kota Malang menggelar Rapat Penyusunan Peta Jabatan dan Hasil Evaluasi Jabatan Anjab ABK di ruang rapat Bagian Organisasi yang dilaksanakan selama satu pekan dimulai pada (03/05/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh perangkat daerah sekota Malang. 

Peta jabatan merupakan hasil dari penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja yang digunakan untuk melakukan evaluasi jabatan sehingga didapatkan kelas jabatan untuk masing-masing jabatan. Peta Jabatan digambarkan secara vertikal maupun horizontal menurut struktur kewenangan, tugas, dan tanggung jawab jabatan serta persyaratan jabatan. Peta jabatan menggambarkan seluruh jabatan yang ada dan kedudukannya dalam unit kerja.

Dalam rapat Penyusunan Peta Jabatan dan Hasil Evaluasi Jabatan menggunakan metode wawancara, analisis pekerjaan fungsional dan kinerja pekerjaan serta dengan mengumpulkan informasi tentang suatu jabatan. Rapat ini dipanitiai langsung oleh Analis Jabatan dan Kelembagaan Bagian Organisasi yaitu Andri Winarna, Ninik Heriyanti, dan Anisaul Choriah yang langsung mewawancarai perwakilan perangkat daerah yang hadir dalam kegiatan tersebut. 

Analisis Jabatan (Anjab) adalah proses memperoleh data jabatan untuk kepentingan program kepegawaian di instansi pemerintah. Sedangkan Analisis Beban Kerja (ABK) adalah proses untuk mengetahui jumlah pegawai yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam waktu tertentu.

Pada intinya ada tiga dokumen yang dihasilkan dari proses analisis jabatan yaitu Deskripsi Jabatan, Spesifikasi Jabatan dan Standar Kinerja Jabatan. Dalam membuat analisis jabatan juga melalui tahapan atau langkah-langkah diantaranya mengumpulkan informasi, mengamati dan mewawancarai karyawan yang berada dalam posisi pekerjaan tertentu, membandingkan dengan perangkat daerah lain, menentukan tujuan jabatan, menyesuaikan jabatan dan membuat job description dengan tepat.

Setelah dianalisis, terdapat hasil analisis jabatan yang berupa informasi jabatan yang dipergunakan untuk penataan kelembagaan, kepegawaian, ketatalaksanaan, perencanaan pendidikan dan pelatihan. Sebagaimana tujuan dari job analysis atau analisis jabatan adalah untuk memahami tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh karyawan dalam sebuah posisi atau jabatan.

Dengan adanya anjab dan ABK, maka akan diketahui mengenai uraian jabatan, beban kerja per jabatan, peta jabatan, dan bobot jabatan. Hasil dari anjab dan ABK dapat digunakan untuk menganalisis kebutuhan pegawai, penetapan kompetensi dan syarat dari suatu jabatan, serta sebagai indikator kinerja pegawai.

Evaluasi Jabatan merupakan bagian dari proses manajemen sumber daya manusia yang digunakan suatu jabatan agar dapat berbobot untuk menghasilkan nilai jabatan dan kelas jabatan.

Dengan begitu tujuan Evaluasi Jabatan yang diadakan oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Balai Kota Malang ini untuk menentukan besaran kompensasi yang adil dan layak bagi pegawai sesuai dengan beban dan tanggung jawab pekerjaan dan adanya sistem kompensasi yang baik dan berkeadilan, menghasilkan nilai jabatan dan kelas jabatan yang sesuai, serta merumuskan informasi jabatan yang akurat dan sesuai dengan kebutuhan di setiap perangkat daerah se kota Malang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline