Lihat ke Halaman Asli

Mari Lindungi Generasi Kita !

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Setiap manusia pasti mengalami perkembangan dalam dirinya. Nah, dalam artikel ini akan membahasa tentang perkembangan fisik, perkembangan otak, masalah kesehatan pada anak usia pertengahan yaitu sekitar umur 6-12 tahun.

Yang pertama di bahas adalah masalah perkembangan fisik anak yang meliputi tinggi dan berat badan anak, gizi dan waktu tidur anak. Pada usia 6-11 tahun anak-anak tumbuh sekitar 2-3 inci setiap tahun dan beratnya bertambah sekitar dua kali lipat. Anak perempuan memilikijaringan lemak lebih banyak daripada anak laki-laki. Berat badan rata-rata anak usia 10 tahun lebih besar 11 pon dibandingkan berat rata-rata anak pada 40 tahun yang lalu.

Adapun masalah gizi dan waktu tidurnya adalahanak usia sekolah itu membutuhkan 2.400 kalori per hari untuk mendukung pertumbuhan dan memenuhi kebutuhan energi. Kebutuhan tersebut akan lebih besar untuk anak yang lebih tua dan lebih rendah untuk anak yang lebih muda. Kebutuhan wkatu tidur menurun seiring bertambahnya usia. Kebutuhan tidur untuk anak usia 5 tahun adalah 11 jam per hari, kemudian pada usia 9 tahun kebutuhan tidur menurun menjadi kurang dari 10 jam per hari dan pada usia 13 tahun menurun kembali menjadi 9 jam perhari.

Selanjutnya adalah masalah perkembangan otak. Salah satu yang terpenting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa ini adalah pertumbuhan otak dan system syaraf. Otak dan kepala merupakan bagian yagn tumbuh paling cepat. Meningkatnya ukuran otak disebabkan oleh peningkatan jumlah dan ukuran syaraf-syaraf dalam, dan diantaranya bagian-bagian otak. Peningkatan ukuran otak disebabkan oleh peningkatan mielinisasi yaitu proses dimana sel-sel syaraf dilapisi dan diisolasi oleh sebuah lapisan sel-sel lemak, efeknya dapat meningkatkan kecepatan dan ketepatan penyaluran informasi melalui system syaraf. Mielinisasi penting bagi pendewasaan anak, peningkatan kematangan otak dikombinasikan untuk memperoleh pengalaman dan pemunculan kemampuan kognitif.

Kemudian masalah kesehatan yang berkaitan dengan obesitas, kondisi medis dan kecelakaan. Yang pertama adalah obesitas, obesitas pada anak telah menjadi isu kesehatan utama yang banyak diperbincangkan di seluruh dunia. Adapun penyebab obesiatasdiantranya adalah hasil keturunan yang diperburuk dengan latihan fisik yang kurang serta terlalu banyak makan atau pemilihan makanan yang kurang tepat. Adapun pola hidup yang dapat membantu program penurunan berat badan adalah mengurangi waktu menonton televise dan bermain komputer, perubahan dalam pola makanan, mengonsumsi makanan sehat, menggunakan waktu lebih banyak untuk aktivitas fisik bersama keluarga dan teman. Yang kedua adalah kondisi medis, penyakit pada pertengahan masa anak biasanya cenderung singkat. Dalam kondisi medis ini dibagi menjadi dua, yaitu : kondisi medis akut (misalnya anak-anak mengalami demam dan flu) dan kondisi medis kronis (asma dan diabetes), yang ketiga adalah kecelakaan, Pada tahun 2004 hampir 95.000 anak di seluruh dunia berusia di bawah 18 tahun meninggal karena kecelakaan, mayoritas disebabkan karena kecelakaan lalu lintas, tenggelam atau terbakar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline