Lihat ke Halaman Asli

Mafila Zulfa

Agribisnis

Mahasiswa PMM UMM 27 Mengikuti Peringatan Maulid Nabi yang Diadakan di Desa Demangan

Diperbarui: 30 Oktober 2020   11:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

dokpri

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah malang (UMM) yang tergabung dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Masyarakat (PMM) kelompok 27 gelombang 11 bersama dengan kepala Desa Demangan dan masyarakat Desa Demangan mengadakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, kamis (29/10/2020). Kegiatan ini diadakan di salah satu rumah warga desa yang dekat dengan mushola.  

Kegiatan ini dihadiri oleh ibu ibu muslimat dari desa Demangan, bapak-bapak, anak-anak serta para lansia. Kegiatan peringatan maulid nabi Muhammad saw dibantu oleh salah satu anggota PMM kelompok 27 sebagai pembawa acara untuk melancarkan kegiatan maulid nabi Muhammad yang diadakan oleh masyarakat Desa Demangan.

Acara dibuka dengan lantunan ayat suci al-Quran serta sambutan singkat dari kepala Desa Demangan, H Suparno S.pd. beliau menyampaikan bahwa peringatan maulid Nabi semata mata untuk mengenang warisan atau peranan Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya. Selanjutnya Peringatan maulid nabi diisi dengan sholawatan yang dipandu oleh ustad dan anak-anak TPA Desa Demangan dan terakhir diisi dengan tausyiah agama yang disampaikan oleh kyai M.basori.

Kyai M. Basori mengajak seluruh masyarakat desa Demangan yang turut hadir dalam acara maulid Nabi Muhammad SAW agar senantiasa melantunkan sholawat atas nabi Muhammad SAW sebagai salah satu bukti cinta dan rindu kita terhadap Beliau. Melantunkan sholawat dapat dilakukan setelah sholat.

Di Penghujung acara warga Desa Demangan melakukan makan bersama dimana masakan yang di hidangkan merupakan masakan hasil dari gotong royong masyarakat desa Demangan yang dilakukan sejak pagi. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW.

dokpri

Warga berbaris rapi dan saling berhadapan, makan menggunakan alas daun pisang. Seluruh masyarakat desa Demangan menikmati apa yang dihidangkan dan sangat mensyukuri nikmat yang telah di beri oleh ALLAH SWT pada malam hari ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline