Lihat ke Halaman Asli

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun Ajaran Baru 2021/2022 di SDN 2 Cibodas

Diperbarui: 22 Juli 2021   18:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potret tampak luar SDN 2 Cibodas, Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat (22/07/2021)

KABUPATEN BANDUNG BARAT- Lingkungan Sekolah merupakan tempat membangun karakter dan kepribadian peserta didik, selain itu lingkungan sekolah juga penting untuk mengkondisikan peserta didik fokus dalam pembelajaran. Namun dikarenakan kasus COVID-19 masih tinggi, berdasarkan data dari pikobar.jabarprov.go.id, Kabupaten Bandung Barat termasuk ke dalam zona merah dengan resiko tinggi. (dokpri)

Terlebih lagi dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali yang kini telah berganti istilah menjadi PPKM Level 4 hingga 25 Juli, membuat kegiatan belajar mengajar pun terpaksa dilaksanakan secara daring. Walaupun demikian, Guru masih tetap dituntut datang ke Sekolah dalam memenuhi tugas administrasi, salah satunya adalah piket sekolah, guru-guru bergantian datang ke Sekolah sesuai dengan jadwal piket sekolah yang dimaksud.

Gedung Perpustakaan SDN 2 Cibodas (22/07/2021) (dokpri)

Demikian juga dengan SDN 2 Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, piket sekolah tahun ajaran baru dimulai pada tanggal 19 Juli 2021.

Keadaan Lingkungan Sekolah SDN 2 Cibodas disekitar lapangan upacara (22/07/2021) (dokpri)

Berbeda dengan semester sebelumnya, kegiatan belajar mengajar yang termasuk Blended learning tidak bisa dilaksanakan sama sekali sampai aturan PPKM dilonggarkan. Salah satu program yang diusung oleh Disdik Kabupaten Bandung Barat yaitu “Jarunjung” yang merupakan program Belajar Guru Berkunjung tidak dapat dilakukan dalam waktu dekat oleh Guru dikarenakan melibatkan pertemuan antara peserta didik dan guru walaupun menggunakan ruangan terbuka. 

Berdiskusi bersama Ibu Ida Hasanah, S.Pd (19/07/2021) (dokpri)

Pada tahun ajaran baru 2021/2022 semester ganjil, SDN 2 Cibodas bersama Mafatih Ayulia Permadikusumah, Mahasiswa Peserta KKN Tematik MDBPE-MBKM Universitas Pendidikan Indonesia dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Bapak Kuswanto, M.Pd. 

Satu minggu pertama melaksanakan pendataan peserta didik baru, menyiapkan modul pembelajaran dan media  yang digunakan dalam pembelajaran daring, memberikan penguatan dalam menyiapkan peserta didik beserta orang tua peserta didik untuk dapat mengikuti pembelajaran secara daring dan membagikan buku paket tematik kepada perwakilan orang tua. 

Sangat disayangkan peserta didik tidak dapat berkunjung untuk mengenali lingkungan sekolah, terutama peserta didik baru dan peserta didik kelas 2 yang sebelumnya tidak bisa memanfaatkan sarana prasarana sekolah. Oleh sebab itu, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) perlu dilaksanakan, selain untuk bisa mengenali lingkungan sekolah yang akan ditempati kedepannya, peserta didik pun perlu diberikan perkenalan terhadap sesama peserta didik, guru-guru, staf sekolah, kepala sekolah, dan kegiatan yang terdapat di lingkungan sekolah. 

Khusus untuk kegiatan MPLS Peserta didik baru secara daring, dibuat video perkenalan lingkungan sekolah yang dibagikan sebelum kegiatan belajar mengajar efektif berlangsung. Selain itu, untuk meningkatkan motivasi dan menciptakan suasana “Back to school” setelah sekian minggu libur sekolah, mahasiswa KKN juga membuat Twibbon yang disertai dengan keterangan kelas, tujuannya adalah untuk menyemangati peserta didik menempati tingkatan kelas baru.

Twibbon yang dapat digunakan peserta didik dan Guru dalam menyambut kegiatan belajar mengajar semester ganjil 2021/2022 di SDN 2 Cibodas (dokpri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline