Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Yusuf H

Karyawan Swasta

Pengabdian kepada Masyarat Bakti Sosial pada Acara Lebaran Depok di Perumahan Shila Sawangan

Diperbarui: 6 Juni 2022   13:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) bersama Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) menggelar Lebaran Depok Tahun 2022. Acara tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai 03 hingga 05 Juni di Perumahan Shila At Sawangan.

Ketua Umum KOOD, Ahmad Dahlan mengatakan, setiap tahun Lebaran Kota Depok digelar pada akhir bulan Syawal. Acara tersebut diisi dengan pagelaran kebudayaan dan kebiasaan zaman dahulu masyarakat Kota Depok.

Pada Hari Pertama Jum'at (03/06) dilakukan pemotongan kerbau andil. Kerbau yang disembelih tersebut nantinya digunakan untuk persiapan lebaran. 

Hari kedua pada Sabtu (04/06) ada pasar penghabisan melalui pameran UMKM yang menjual makanan tradisi Depok dan Betawi. Juga setiap harinya akan ada pementasan hiburan Gambang Kromo.

Pada hari kedua tersebut kami melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian Kepada Masyarakat berupa bakti sosial, dengan membagikan konsumsi kepada para peserta pementasan hiburan Gambang Kromo dan menampikan kebudayaan lainnya, sebagai bentuk dukungan dalam acara Lebaran Depok dan Pekan Kebudayaan Daerah Tahun 2022.

Masyarakat sangat antusias dalam acara yang di adakan selama 3 hari ini, banyak stand UMKM Kuliner dan UMKM yang memperkenalkan kebudayaan khas Depok dan juga menjual Kamus Bahasa Depok.

Hari ketiga Acara ini dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia(Menparekraf) Sandiaga Uno. Acara ini ditutup Wali Kota Depok, Mohammad Idris yang merupakan tradisi tahunan Kumpulan Orang-orang Depok (KOOD) tersebut pada Ahad (5/6/2022).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline