Lihat ke Halaman Asli

MTsN 4 Bantul

Media berita, artikel, opini, dan dokumentasi kegiatan MTsN 4 Bantul dalam memaknai madrasah mendunia

Ekstra Tahfidz Diperbanyak, MTsN 4 Bantul Siap Bentuk Hafidz Qur'an

Diperbarui: 27 Juli 2022   10:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bantul (MTsN 4 Bantul) -- Sebagai madrasah yang ditunjuk sebagai madrasah unggul tahfidz, MTsN 4 Bantul wajib menjadikan tahfidz sebagai program unggulan. Mulai pada Senin (25/7) lalu, Kepala MTsN 4 Bantul, Waka Kurikulum, dan guru Tahfidz bersama-sama menyusun program intrakurikuler dan ekstrakurikuler Tahfidz untuk siswa kelas 7 hingga kelas 9.

Oleh Ridwan Furqoni, S.Pd., M.Ag., sebagai koordinator program Tahfidz telah menyusun jadwal pelaksanaan serta pembagian guru Tahfidz masing-masing kelas dan jenjang. Tahfidz telah ditetapkan sebagai ekstrakurikuler wajib untuk seluruh siswa, terutama untuk rombongan belajar kelas G dan H yang diseleksi secara khusus sebagai guru tahassus atau kelas unggulan tahfidz yang melaksanakan ekstrakurikuler pagi dan siang.

"Kami memperbaiki bacaan dan hafalan siswa. Kami menggunakan metode-metode tertentu yang dapat diterapkan oleh guru Tahfidz kami dan bisa mempermudah siswa. Targetnya kita sudah jelas, kelas 7 harus minimal 22 surah dalam juz 30, kelas 8 harus minimal Juz 1 atau Al-Baqarah 1-88, dan kelas 9 wajib menambah hafalan lagi dan nanti akan ada wisuda Tahfidz juga. Ini menjadi motivasi kepada siswa jadi sebenarnya kami tidak muluk-muluk menetapkan target. Yang penting terlaksana dan tentu saja itu adalah target minimal," ujar Ridwan Furqoni saat diminta menjelaskan gambaran program kepada tim berita. (liz)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline