Lihat ke Halaman Asli

MTsN 4 Bantul

Media berita, artikel, opini, dan dokumentasi kegiatan MTsN 4 Bantul dalam memaknai madrasah mendunia

Didik Karakter: MTsN 4 Bantul Selenggarakan Persami

Diperbarui: 21 Juni 2022   09:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Bantul (MTsN 4 Bantul) -- Setelah pandemi covid-19 yang berjalan selama hampir 2 tahun dan sekolah dianjurkan membatasi aktivitas, kini MTsN 4 Bantul menyelenggarakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) berlokasi di lingkungan madrasah pada 18-19 Juni 2022. Persami ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 yang berada di bawah pembinaan ekstrakurikuler Pramuka.

Upacara pembukaan persami berlangsung di lapangan MTsN 4 Bantul dibina secara langsung oleh Siti Solichah, S.Pd atau 'Kak Sol' yang merupakan Kepala MTsN 4 Bantul. Kak Sol menyampaikan pentingnya Pendidikan karakter pada kegiatan persami ini. "Perkemahan Sabtu Minggu ini bukan hanya kalian dikumpulkan jadi satu untuk menginap. Tapi kegiatan ini memberikan dorongan pada kalian untuk mandiri, disiplin, dan meningkatkan kerja sama di antara teman kalian atau regu di sangga kalian. Misalnya saja jika sewaktu di rumah, kalian biasanya ke kamar mandi ditemani bapak ibu. Nah, di persami kali ini kalian harus berlatih ke kamar mandi sendiri, menyiapkan pakaian sendiri, dan sebagainya yang berguna untuk melatih kemandirian kalian. Jangan lupa untuk menjaga Kesehatan, tetap rajin mencuci tangan, dan menjaga kebersihan," ujar Kak Sol dalam sambutan upacara pembukaan.

Upacara pembukaan Persami dilanjutkan dengan pelantikan dewan penggalang yang saat itu diberikan oleh Sheela Florida Faaza (8H). Dikoordinasi oleh salah satu penggalang, Anas Musoddaq (8C), dibina oleh Kak Wahyu dan Kak Fahmi selaku pengampu ekstrakurikuler pramuka, serta dipertanggungjawabkan oleh Budiyono, S.Pd selaku Waka Kesiswaan, perkemahan tersebut dilaksanakan dengan lancar dengan membimbing adik-adik kelasnya secara tertib.

Dok. pribadi

Kegiatan pengisi persami yang dilakukan selama 2 hari 1 malam tersebut antara lain: Pembimbingan keagamaan, penyalaan api unggun, lomba memasak, wawasan pramuka, dan pelatihan kepemimpinan. MTsN 4 Bantul kini berharap dapat menyelanggarakan perkemahan di bumi perkemahan luar madrasah pada kemudian hari. (liz)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline