Lihat ke Halaman Asli

MTsN 4 Bantul

Media berita, artikel, opini, dan dokumentasi kegiatan MTsN 4 Bantul dalam memaknai madrasah mendunia

MTsN 4 Bantul Gelar Market Day, Latih Skill Kewirausahaan Siswa

Diperbarui: 2 Juni 2022   21:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Bantul (MTsN 4 Bantul) -- Runtutan acara digelar MTsN 4 Bantul untuk memeriahkan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kartini yang kala itu bertepatan dengan hari libur Ramadhan -- libur Idulfitri 1443 H. Salah satu acara yang digelar adalah Market Day dengan tema Jajanan Nusantara yang berlokasi di hall MTsN 4 Bantul, tepatnya di depan perpustakaan Bahrul 'Ilmi, diikuti oleh siswa kelas 7 dan 8 pada hari Jumat (27/5).

Masing-masing kelas dari kelas 7 dan 8 membuka stand makanan layaknya orang berjualan. Tiap kelas membawa makanan yang berbeda sehingga mereka dapat bertukar transaksi dengan kelas lain beserta bapak dan ibu guru serta siswa kelas 9 yang sekarang sudah bebas ujian. Agenda ini digadang sebagai pelatihan nyata skill kewirausahaan siswa serta mengenalkan dengan jajanan nusantara. Siswa diberi tugas untuk menggunakan skill menawarkan makanan yang dijual di stand-nya, mencatat omset, menghitung profit, dan berlatih public speaking.

Salsabila Noura Putri (7E) berpendapat bahwa agenda ini perlu dilakukan secara rutin. "Menurut saya, belajar di luar kelas seperti Market Day ini sangat menyenangkan dan sebaiknya diadakan rutin. Kami dapat berlatih menghitung, akrab sama teman-teman dan guru, belajar bicara di depan orang lain dalam rangka persuasi. Ini sangat menyenangkan dan banyak pelajaran yang diambil," ujar siswi yang kerap disapa Sasa tersebut. (liz)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline