Lihat ke Halaman Asli

MTsN 4 Bantul

Media berita, artikel, opini, dan dokumentasi kegiatan MTsN 4 Bantul dalam memaknai madrasah mendunia

MTsN 4 Bantul Meriahkan Hari Santri dan Maulud Nabi Muhammad SAW dengan Pengajian

Diperbarui: 23 Oktober 2021   10:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bantul (MTsN 4 Bantul) -- Salah satu hari besar umat muslim kini jatuh pada tanggal 20 Oktober 2021 yang merupakan Maulud atau hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Selain itu, pada tanggal 22 Oktober 2021 juga merupakan Hari Santri Nasional. Untuk memeriahkan kedua agenda tersebut, MTsN 4 Bantul mengadakan pengajian yang bertempat di Masjid Baitul 'Ilm, MTsN 4 Bantul.

Acara pengajian dihadiri oleh seluruh guru dan pegawai MTsN 4 Bantul dan juga perwakilan masing-masing kelas sejumlah 2 anak secara luring. Hal ini guna mencegah penularan Covid-19 sehingga pengajian tetap memakai protokol Kesehatan yang ketat. Acara dimulai pada pukul 7.00 hingga 9.30 sekaligus mengikuti upacara hari santri nasional dari Kementerian Agama DIY secara bersama-sama. Dengan tausiyah yang dibawakan oleh Kasi Dikmad Kemenag Bantul, Ahmad Musyadad, S.Pd.I., M.Si, tentang pemaknaan Maulud Nabi Muhammad SAW dan penerapannya sebagai seorang santri kepada siswa MTsN 4 Bantul. 

"Memaknai hari Maulud Nabi Muhammad SAW berarti meneladani sifat dan perbuatan dari baginda Rasulullah SAW, di antaranya perbanyak membaca Al-qur'an setidaknya satu hari satu juz, perbanyak sholawat agar mendapatkan syafaat, dan perbanyak sedekah," ungkap Kasi Dikmad Kemenang Bantul tersebut dengan tegas dan memotivasi.

Dokpri

Siti Solichah, S.Pd yang menjadi Kepala MTsN 4 Bantul turut mengamini pemaknaan Maulud Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri tersebut. Terlebih, Siti menyampaikan semangat belajar pula kepada siswa-siswi MTsN 4 Bantul. "Kemarin kita sudah melaksanakan KBM daring, yang mana bukan berarti hari libur. Pastikan anak-anak tidak memaknai demikian. Mulai 25 Oktober nanti telah mulai uji coba tatap muka terbatas dan Sebagian akan tetap daring. Maka, yang daring maupun luring sama-sama belajar," pungkasnya. Acara ini berlangsung khidmat dan semangatnya masih terasa hingga pulang. Hari Santri dengan tema Santri Siaga Jiwa Raga ini dapat berjalan dengan lancar dan ditutup dengan perayaan makan bersama di MTsN 4 Bantul dengan sajian ayam ingkung. (liz)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline