Lihat ke Halaman Asli

KKN UM MADIREDO 2019

KKN Madiredo Universitas Negeri Malang 2019

Pendampingan Penggunaan Media Online untuk Memasarkan Carang Mas Apel oleh Mahasiswa KKN UM

Diperbarui: 6 Juli 2019   16:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses Produksi Carang Mas Apel

Desa Madiredo merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Letak geografis desa ini berada pada ketinggian berkisar antara 987,5 sampai 1225 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, mata pencaharian dari desa ini mayoritas adalah petani/pekebun. Salah satunya yaitu perkebunan apel. Lahan yang luas dan udara yang sejuk membuat tanaman ini tumbuh dengan baik di desa ini.  

Buah apel dapat dipanen sebanyak tiga kali dalam setahun. Hasil panen apel yang melimpah tidak hanya dijual oleh warga. Tetapi mereka memiliki kreatifitas untuk menjadikan buah apel sebagai olahan produk carang mas apel. Carang mas biasanya terbuat dari ubi dan memiliki rasa manis yang khas dari ubi, namun carang mas yang terbuat dari apel ini tidak menghilangkan rasa asam dari apel sehingga perpaduan antara rasa manis dan asam tidak membuat penikmatnya enek.

Salah satu produsen carang apel yang terkenal di Desa Madiredo yaitu UMKM carang apel milik Bu Mudah yang diberi nama "Della Muda".  Carang mas apel "Della Muda" memiliki berbagai varian rasa yaitu rasa manis dan pedas yang dicampur dengan topping kacang. 

Dalam menjalankan UMKM ini, Bu Mudah menjual produknya ke toko oleh-oleh di berbagai kota di sekitar pulau Jawa bahkan mencapai Pulau Kalimantan dan Pulau Bali. Bu Mudah juga sudah menggunakan website sebagai salah satu media pemasaran produknya. 

Website yang digunakan menampilkan foto produk sebagai media untuk menarik minat pelanggan. Selain itu, Bu Mudah juga menggunakan facebook sebagai media pemasaran produknya.

Dalam upaya pengembangan pemasaran produk, mahasiswa KKN UM memberikan pendampingan mengenai pemasaran melalui media online. Pendampingan ini merupakan salah satu upaya dalam memasarkan carang mas apel agar dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat. 

Pemasaran produk dengan media online ini tidak hanya memberikan informasi produk seperti yang ada di website, tetapi juga dapat melayani pembelian. Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan produk carang mas apel "Della Muda" dapat dikenal di pasar online dan mampu menarik minat konsumen.

Foto bersama dengan pemilik UMKM "Della Muda" dan karyawan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline