Lihat ke Halaman Asli

Made Wahyu Adinata

Mahasiswa/stahn mpu kuturan sinaraja

Langkah Branding Sosial Media dengan Manajemen Komunikasi

Diperbarui: 15 Januari 2023   10:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada dasar sebuah manajemen adalah tempat dimana kita bisa mengatur sesuatu agar sesuai dengan hal yang kita inginkan. Baik tujuan tersebut memberikan kita keefektivan waktu atau memberikan kita hasil yang kita harapkan
Kata manajemen sendiri bisa diartikan dengani bahasa gaulnya yaitu 'manage' atau pengaturan. Pernah dengar bahwa kita harus mampu me manage waktu dalam melakukan segala aktivitas yang kita lakukan? Mengatakan seolah-olah dengan me manage semuanya akan berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Namun banyak yang belum memahami sebenarnya apa yang dimaksud dengan me manage. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diterangkan apabila kata manajemen memiliki arti penggunaan sumber daya efektif untuk mencapai sasaran. Yang bisa kita artikan dalam proses manajemen atau manage ini kita sangatlah penting untuk mengerti serta memahami langkah-langkahnya.
Selain itu, kita akan membicarakan mengenai media sosial yang dimana media sosial akhir-akhir ini sangat banyak sekali digunakan dikalangan masyarakat. Bukan hanya digunakan oleh para remaja ke dewasa, melainkan banyak pengguna juga datang dari mereka yang sudah berumur. Kemudian dengan banyaknya penggunaan media sosial tentu harus ada suatu manajemen atau pengaturab didalamnya agar media sosial itu maksimal kita gunakan sesuai fungsinya.
Misalnya kita ketahui bahwa media sosial biasanya berfungsi sebagai sumber informasi ter update atau tren yang marak di masyarakat. Memberikan kabar tentang bagaimana situasi dan kondisi dari wilayah belahan dunia lain. Atau bahkan sekarang media sosial memiliki fungsi untuk mempromosikan sesuatu, mulai dari bisnis, perusahaan, brand, produk, legalitas, politik dan banyak lagi. Banyak juga dari pengguna sosial media menjadikan sosial media pribadi mereka sebagai media membranding diri. Karena seperti yang kita ketahui bahwa zama sekarang semuanya butuh promosi termasuk diri sendiri.
Disini kita lihat bahwa fungsi media sosial juga sebagai tempat berkomunikasi dengan banyak sekali jenis komunikasi bercampur didalamnya. Yang dimana jika kita menginkan komunikasi media sosial yang kita lakukan berjalan sesuai dengan yang kita inginkan. Kita perlu belajar mengatur apa saja yang akan kita gunakan sebagai bahan atau konten yang akan kita tampilkan di media sosial kita. Terutama yang kita gunakan untuk mempromosikan sesuatu. Sangat diperlukan kita untuk melakukan pengaturan proses manajemen disini.
Seperti konsep dasar manajemen mengatakan bahwa ada empat proses yang harus diperhatikan dalam melakukan komunikasi di dalam media sosial yang kita gunakan. Dan kita bisa menggunakan konsep ini sebagai rancangan awal. Setidaknya kita memiliki sesuatu yang mendasar untuk melakukan sesuatu. Berikut yang bisa kita lakukan dalam perancangan dengan menggunakan konsep dasar manajemen ;
1. Planning
Planning ini sangat penting, karena disini kita diharuskan mencari ide atau pandangan terkait bagaimana kita akan membuat tampilan kita di media sosial. Merencanakan serta menyusun strategi kepada siapa konten atau bahan kita ditujukan. Memikirkan siapa saja yang akan melihat konten dan bahan yang kita share. Supaya memudahkan konten dan bahan kita sampai pada target yang dituju.
2. Organizing
Di organizing kita bisa membuat pengaturan serta melaksanakan strategi yang sudah kita susun di planning awal. Menentukan apa yang perlu di laksanakan, cara pelaksanaan, dan siapa yang melakukan (kalau dalam ranah akun pribadi, akan dilakukan oleh siapa yang memiliki akun)
3. Actuating
Jika proses pertama dan kedua mendapatkan hasil, kita membagikan cara yang kita lakukan sebelumnya kepada orang-orang yang menjadi pengikut kita di sosial media. Karena pada tahap ini mungkin kita sudah bisa membagi beberapa dampak yang sudah kita berikan kepada orang lain lewat konten dan bahan kita.
4. Controlling
Pada tahap ini kita melakukan pemantauan pada konten dan bahan yang sudah kita share di sosial media kita untuk memastikan semuanya sesuai rencana.
 
Demikianlah yang dapat kalian lakukan dalam memanajemen sosial media kalian agar memberikan insight dan mampu menghasilkan branding yang sesuai dengan tujuan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline