Lihat ke Halaman Asli

Made Pura Riana

diskusi pengolahan air bersih, air minum dengan teknologi reverse osmosis, elektrodeionisasi, softener, nano filtration, clarifier, dll

Teknologi Reverse Osmosis

Diperbarui: 6 Oktober 2021   13:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://mapurna.com/reverse-osmosis-adalah.html

REVERSE OSMOSI ADALAH

Reverse osmosis adalah metode  untuk memisahkan mineral dan polutan di dalam air, dengan cara melewati membran semi-permeabel dengan ukuran pori-pori yang sangat kecil yaitu 0,001 micron.

Air adalah emas biru, sehingga mendapatkan air bersih yang bisa digunakan untuk konsumsi masyarakat adalah seperti emas yang bisa dikomersialkan.  Namun di beberapa tempat belahan di Indonesia, terkadang mendapatkan sumber air yang bagus menjadi keniscayaan.  Untuk itu diperlukan sistem pengolahan air yang cocok, dimana metode reverse osmosis adalah salah satunya.

Disamping kebutuhan akan air bersih dan air minum, reverse osmosis juga digunakan sebagai penunjang air produksi di beberap industri.  Banyak industri yang tentu sudah menggunakannya, seperti industri makanan, minuman, pharmacy, hotel, manufaktur otomotif, dll.

Dalam teknologi reverse osmosis ada beberapa istilah, misalnya recovery, rejection, permeate, concentrate, tap water, brackish water, sea water, dll.  Istilah ini akan didiskusikan pada beberapa ulasan dibawah ini.

Hal lainnya yang digunakan dalam pemasaran reverse osmosis adalah adanya beberapa type kapasitas dan jenis sumber air baku yang digunakan. Adapun pembagiannya sebagai berikut : Reverse Osmosis Komersial Series, Reverse Osmosis Medium Series, Reverse Osmosis Industri Series, Reverse Osmosis Air Payau, Reverse Osmosis Air Laut.

Beberapa pertanyaan dibawah ini sering sekali menjadi bahasan terhadap masyarakat yang ingin mengetahui lebih dalam, sebagai berikut :

  • Definisi Reverse Osmosis Dalam Air ?
  • Bagaimana Cara Kerja Sistem Reverse Osmosis ?
  • Komponen Reverse Osmosis Unit ?
  • Industri Yang Mana Menggunakan Reverse Osmosis ?
  • Sumber Air Apa yang bisa di Treatment Revese Osmosis ?
  • Apakah Diperlukan Pretreatment ?
  • Apakah Diperlukan Analisa Air Baku ?
  • Point Apa yang menentukan pretreatment yang tepat untuk reverse osmosis ?
  • Apakah Air Baku perlu menggunakan Water Softener sebelum masuk ke RO Sistem ?
  • Apakah Fungsi Deklorinasi ?
  • Apakah Injeksi Bahan Kimia Asam diperlukan ?
  • Bagaimana  Antiscalant bekerja ?
  • Apakah Sistem Reverse Osmosis Membtuuhkan Cleaning Kimia ?

1.     Definisi Reverse Osmosis Dalam Air ?

Reverse osmosis adalah salah satu solusi terbaik dalam industri pengolahan air atau dikenal water treatment system.  Kenapa menjadi solusi, karena sistem ini mudah ditempakan dimana saja, dengan faktor utama adalah ketersediaan listrik yang cukup.  Pada tempat yang sulit terjangkau transportasi mendistibusi air bersih, sistem ini bisa ditempakan.  Sehingga kebutuhan akan air bersih dan air minum bisa dengan mudah tersedia. 

Pengertian reverse osmosis adalah proses osmosis dengan arah terbalik (dipaksa). Secara alami proses osmosis adalah proses aliran air yang bergerak dari larutan garam rendah ke larutan garam konsentrasi tinggi.  Namun pada reverse osmosis larutan garam konsentrasi tinggi dipaksa mengalir ke konsentrasi rendah.  Akibat "pemaksaan" inlah disebut dengan "reverse" (kebalikan). 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline