Lihat ke Halaman Asli

Made Panji Teguh Santoso

Dosen Tetap Program Studi Hubungan Internasional FISIP Universitas Singaperbangsa Karawang

Tim Dosen Unsika Kembali ke Pesisir Karawang

Diperbarui: 12 Agustus 2021   15:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi 

Empat orang dosen Universitas Singaperbangsa Karawang akan kembali turun ke wilayah pesisir Kabupaten Karawang. Tergabung dalam tim penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Unsika, para dosen ini akan memfokuskan kegiatannya di dua kecamatan di wilayah utara Kabupaten Karawang.

Beranggotakan para dosen dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Fakultas Ekonomi, yaitu Made Panji Teguh Santoso, Angga Sanita Putra, Rina Maria Hendriyani, dan Medi Nopiana, tim ini tetap pada komitmen mereka untuk meneliti tentang dan mengabdi kepada masyarakat pesisir Kabupaten Karawang. 

Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat mereka kali ini adalah yang kedua dalam dua tahun berturut-turut, setelah tahun lalu mereka melaksanakannya di Desa Pusakajaya Utara Kecamatan Cilebar, Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon, dan Desa Sukaratu Kecamatan Cilamaya Wetan. Tema produksi garam rakyat tahun 2021 ini mereka tetapkan untuk melengkapi tema konservasi area mangrove tahun 2020 lalu.

Dok. Pribadi 

Mengambil lokasi di Desa Ciparagejaya Kecamatan Tempuran dan Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon mulai bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2021, penelitian mereka bertujuan mengidentifikasi strategi yang tepat dalam memberdayakan masyarakat pesisir untuk mencapai target produksi garam, sekaligus mendukung upaya ketahanan nasional lepas dari ketergantungan garam impor. 

Pengabdian kepada masyarakat tim ini ditujukan untuk mensosialiasikan temuan penelitian mereka dalam bentuk saran strategi dan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan produksi garam wilayah pesisir Kabupaten Karawang serta untuk mendukung upaya ketahanan garam Indonesia. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat pesisir yang berprofesi sebagai petani garam tentang strategi dan kebijakan pemerintah dalam upaya meningkatkan produksi garam, menstabilkan harga garam, dan juga meningkatkan ketahanan garam nasional.

Didukung penuh oleh Rektor Unsika Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA. penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tim dosen ini membuktikan komitmen kuat seluruh sivitas akademika Unsika sebagai perguruan tinggi negeri di Kabupaten Karawang dalam memberikan kontribusi pemikiran dan aksi nyata kepada masyarakat di mana dia berada.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline