Lihat ke Halaman Asli

Madeni Al Lomboky

Penulis buku, Dosen, Da'i, Guru Ngaji, Pengusaha Muda

Mereka Adalah Pemuda yang Beriman

Diperbarui: 25 Agustus 2022   11:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Mereka Adalah Pemuda yang Beriman.

 

"Sesungguhnya kehidupan pemuda itu, demi Allah hanya dengan ilmu dan takwa (memiliki ilmu dan bertakwa), karena apabila yang dua hal itu tidak ada, tidak dianggap hadir (dalam kehidupan." (Imam Asy Syafi'i)

Pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam tatanan kehidupan manusia secara umum dan masyarakat kaum muslimin secara khusus.

Para pemudalah yang akan menjadi tokoh di masa yang akan datang, yang akan menggantikan dan mewarisi tugas-tugas mulia dari ayah-ayah mereka. 

Manakala generasi muda baik dan terdidik dengan adab-adab Islam maka merekalah yang akan menjadi agen-agen perubahan umat dan bangsa, merekalah yang akan menyebarkan dan mendakwahkan kebaikan Islam serta menjadi nakhoda ummat ini yang akan mengantarkan mereka kepada kebaikan dunia dan akhirat. 

Mereka adalah pemuda yang beriman kepada Allah Swt, Pemuda yang menyelamatkan dirinya dari kezaliman Rajanya, dari rusaknya kehidupan masyarakatnya, sehingga mereka memilih untuk mengasingkan dirinya menuju gua, seraya meminta pertolongan kepada Allah Swt. "Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami."

Dalam gua tersebut Allah melindungi mereka, menunjukkan mukjizat dan kekuasaanNya  dengan menidurkan mereka dalam gua dalam jangka  waktu yang lama, ratusan tahun mereka ditidurkan Allah Swt. 

Setelah tertidur dalam masa yang panjang, kemudian Allah bangunkan mereka, itulah mereka pemuda ashabul kahfi, pemuda yang beriman kepada Allah, pemuda yang mentauhidkan Allah yang memiliki keyakinan yang yang kuat bahwa Tuhan mereka Adalah Allah Swt yang telah menciptakan langit dan bumi, pemuda yang hanya beribadah kepada Allah Swt. 

Bogor, 25 Agustus 2022




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline