Lihat ke Halaman Asli

made kenny

Mahasiswa/Universitas Diponegoro

Pembuatan Peta Desa oleh Mahasiswa Teknik Geodesi dalam Rangka Pengabdian Masyarakat di Desa Kutosari

Diperbarui: 21 Februari 2024   02:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(06/02/2024) Penyerahan hasil peta Desa Kutosari kepada perwakilan perangkat desa

Kutosari, Pekalongan (06/02/2024)--Mahasiswa Teknik Geodesi  Universitas Diponegoro sedang melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kutosari, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan. Untuk mengembangkan bidang geospasial, kami secara aktif berupaya membuat peta desa yang memenuhi standar Otoritas Informasi Geospasial.

Desa Kutosari dipilih sebagai lokasi KKN karena  potensi pengembangannya yang besar. Mahasiswa teknik geodesi fokus pada penggunaan teknologi terkini untuk membuat tidak hanya peta desa yang  akurat tetapi juga inovatif sehingga informasi  lebih mudah diakses dan dipahami oleh masyarakat.

Mahasiswa KKN Albertus I Made Kenny mengumpulkan data geospasial dengan menggunakan teknik pemetaan modern dan peralatan canggih. Proses ini mencakup survei lapangan, pemrosesan data menggunakan perangkat lunak khusus, dan memastikan bahwa hasil akhir memenuhi standar Badan Informasi Geospasial. Tujuan dari peta desa ini adalah untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang Desa Kutosari, dan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

(06/02/2024) Hasil peta Desa Kutosari

Peta terkini yang memenuhi standar BIG diharapkan akan memungkinkan masyarakat  lebih mudah mengakses informasi terkini mengenai infrastruktur, sumber daya, dan potensi pembangunan di wilayah mereka. Desa mendukung penuh  inisiatif ini dan mengakui kontribusi aktif siswa terhadap pengembangan geospasial di tingkat lokal. Tim mahasiswa berharap  kegiatan ini dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan desa di seluruh Indonesia.

Peta desa yang dibuat diharapkan dapat menjadi pedoman yang berguna dalam perencanaan pembangunan dan pengelolaan sumber daya di Desa Kutosari. Melalui program pemetaan desa yang inovatif dan terstandar, mahasiswa teknik geodesi Universitas Diponegoro tidak hanya menjalankan misi KKN  tetapi juga memberikan dampak positif bagi pengembangan wilayah setempat. Keberhasilan ini mencerminkan komitmen mereka terhadap kemajuan teknologi dan kontribusi praktis mereka terhadap pembuatan peta desa yang efektif.

Penulis : Albertus I Made Kenny D.S., Fakultas Teknik, Teknik Geodesi, Universitas Diponegoro

KKN TIM I UNDIP 2023/2024

DPL : Asep Setiaji, S.Pt., M.Si., Ph.D.

Kreator: Albertus I Made Kenny Dwi Saputra




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline