Lihat ke Halaman Asli

Made Agus Nanda Wiguna

Mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Singaraja

Benda Cagar Budaya di Desa Kayuputih, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng

Diperbarui: 2 April 2023   15:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fragmen Arca Terakota/dokpri

Buleleng adalah salah satu kabupaten di Bali yang cukup kaya dengan peninggalan arkeologi yang dapat menyamai kabupaten Gianyar. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Balai Arkeologi Denpasar, Puslit Arkenas Jakarta, dan peneliti-peneliti arkeologi lainnya telah menemukan bukti-bukti peninggalan arkeologi dari jaman prasejarah, klasik, dan Islam. 

Pada tahun 1961 R.P. Soejono telah melakukan survei dan ekskavasi di Sembiran dan berhasil menemukan alat-alat paleolitik yang secara tipologis dapat disamakan dengan alat-alat paleolitik dari Pacitan. Selain alat-alat paleolitik ditemukan pula bangunan-bangunan yang berciri megalitik oleh I Made Sutaba yang ditulis dalam buku "Megalithic Traditions in Sembiran North Bali" pada tahun 1976. Temuan prasejarah lainnya adalah berupa nekara yang ditemukan di Desa Pacung, telah dilaporkan oleh Wayan Widia dalam "Saraswati" No. 17 Tahun 1981. Di Kalanganyar tahun 1991 dalam ekskavasi yang dilakukan oleh Nyoman Purusa Mahaviranata ditemukan sarkofagus, yang diterbitkan dalam Laporan Penelitian Arkeologi (1991). 

Arca tradisi megalitik di Tejakula, hasil penelitian Citha Yuliati, 1990 yang dimuat dalam Laporan Penelitian Arkeologi 1990, dan lain-lainnya. Dari Masa Klasik, dari penelitian yang dilakukan oleh Balai Arkeologi Denpasar telah menemukan stupa Kalibukbuk tahun 1995 oleh A.A. Gede Oka Astawa yang diterbitkan dalam LPA tahun 1995. Situs perbengkelan (Pande besi) di tepi Danau Tamblingan yang ditemukan oleh I Nyoman Purusa Mahaviranata tahun 1985, yang diterbitkan dalam LPA tahun 1985, Penelitian Ikonografi Bali Utara oleh Ayu Ambarawati tahun 1997, yang diterbitkan dalam LPA tahun 1997.

Penelitian prasasti Bali Kuna di Buleleng tahun 2000 oleh Nyoman Sunarya, yang diterbitkan dalam LPA tahun 2000. Dan berikut akan dijelaskan mengenai benda cagar budaya yang ada di salah satu desa di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.

Benda Cagar Budaya di Desa Kayuputih, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng

A. Benda Cagar Budaya di Pura Desa Kayuputih

Pura ini terletak di Banjar Taman, Desa Kayuputih. Pura ini memiliki dua halaman, yaitu halaman jeroan (utama mandala) dan halaman tengah (madya mandala). Di halaman jeroan terdapat beberapa pelinggih, dan pada pelinggih Gedong tersimpan beberapa tinggalan arkeologi sebagai berikut:

1. Fragmen Arca Terakota

Arca ini terbuat dari tanah liat, berwujud seorang perempuan dalam sikap menjinjing anak, tetapi sayang sekali bagian kepala patah, anak yang dijinjing juga patah dan ukuran arca memiliki tinggi 15 cm., dan lebar 8 cm.

Fragmen Arca Terakota/dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline