Lihat ke Halaman Asli

Mada Fandhaya Dimas Ofananta

Universitas Muhammadiyah Malang

PMM 78 UMM Mengenalkan Metode Pemasaran Melalui Digital Marketing diberbagai Marketplace Guna Memperluas Cakupan Penjualan

Diperbarui: 19 Februari 2024   18:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dilaksanakan oleh kelompom 78 gelombang 1 singkatnya PMM 78 UMM untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) www.umm.ac.id

Program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 78 Gelombang 01 Kegiatan ini di mulai dari tanggal 19 Januari Sampai 19 Februari 2024 yang beranggotakan Mada Fandhaya Dimas Ofananta, Haedar Ahmad, Nur Fadilah, Siti Fatimah Salsabila. A, Husnatul Mahmuda dan  Ilyas Nuryasin, S.Kom., M.Kom selaku dosen pembimbing lapangan (DPL). Kegiatan ini Mengenalkan Metode Pemasaran Melalui Digital Marketing diberbagai Marketplace Guna Memperluas Cakupan Penjualan di UMKM Rumah Produksi Cassava didesa Bumiayu, Rumah Produksi Cassava yang berlokasikan di Kecamatan Kedung Kandang Jl. Lembayung No.19, Bumiayu, Kota Malang, Jawa Timur 65153.

Program Kerja yang kami laksanakan adalah mengenalkan metode pemasaran melalui digital marketing diberbagai marketplace guna memperluas cakupan penjualan di UMKM Rumah Produksi Cassava didesa Bumiayu, Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi dari hal penjualan kripik singkong cassava yang modern dengan menggunakan digital marketing melalui marketplace yang tersedia diberbagai platform yang masih kurang diketahui oleh masyarakat luas.

Dalam pembuatan digital marketing ini dimulai dari pembuatan akun terlebih dahulu seperti hal-nya meng-input data diri contoh-nya email, nomor rekening setelah itu memasukan foto produk dan mencantumkan harga jual. selain data yang sudah di input didalam akun marketplace menyajikan informasi mengenai deskripsi produk dan daftar jasa ekspedisi pengiriman seperti contohnya JNE dan Sicepat sebagai jasa pengirimann yang ada di Indonesia. Sehingga para customer dapat mengetahui informasi produk secara mudah, simple dan praktis dengan pembelian jarak jauh.

Rumah Produksi Cassava

" selama kegiatan PMM kelompok 78 sangat membantu dalam pengenalan marketplace dan edukasi terkait pemasaran memalui digital marketing yang sehingga cakupan penjualan kripik singkong cassava bisa lebih efektif dan meningkat di penjualan dan produksi," ujar Lia.

Adapun tujuan akun digital marketing ini dibuat untuk memudahkan customer dalam membeli ataupun memesan kripik singkong Cassava. Produk ini tersedia diplatform marketplace seperti hal-nya marketplace online. Dengan adanya digital marketing penjualan dari kripik cassava selama dua minggu mengalami kenaikan penjualan hal ini sangat efektif untuk meningkatkan penghasilan UMKM kripik singkong Cassava didesa Bumiayu Kecamatan kedungkandang. Peningkatan penjualan dan produksi akan berimbas baik pada penambahan pekerja yang ada disekitar Rumah Produksi Cassava.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline