Lihat ke Halaman Asli

Old Imp

Penyeimbang

Tanggapan Surat Gamal Albinsaid

Diperbarui: 22 Oktober 2016   11:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Tadinya saya tidak kenal siapa dr. Gamal Albinsaid, dan seperti biasa kalau saya gak kenal saya tanya sama teman sama sesama mbah-mbah, mbah Google. Saya kaget luar biasa karena ternyata dr. Gamal ini bukan orang biasa seperti saya, segudang prestasi telah diraih dalam usia yang begitu muda. Saya sangat terkesan dan bertanya-tanya, kemana saja saya selama ini? Atau lebih tepat kemana saja media selama ini? Mengapa hanya SARA saja yang selalu jadi primadona? Sehingga meneggelamkan berita seorang anak muda yang membanggakan nama Indonesia di luar negeri tidak mendapatkan porsi perhatian yang sesuai?

Untunglah ada portal berita seperti piyungan yang peduli dengan sepak terjang dr. Gamal. Tapi sungguh ironis, prestasi segudang dr. Gamal itu seolah hanya dijadikan alat untuk mendukung isu SARA yang tengah mendapat panggung. Semua ini berawal dari surat dr. Gamal yang dibacakan Almuzammil Yusuf dalam sidang DPR. Jangan tanya saya apa hubungannya surat dr. Gamal dan topik yang sedang dibahas DPR. Pasti saya jawab Jaka Sembung bawa Golok. Lebih lucu lagi atau miris lebih tepatnya pembacaan surat tersebut disambut dengan takbir, Allahuakbar. Tapi bagi saya yang membaca beritanya Cuma bisa mengelus ada sambil berkata: Astaghfirullah.

Lalu apa urusan saya membuat tanggapan ini? Jangan salahkan saya, karena di portal kesayangan orang-orang PKS tertulis demikian:

Tulisan Dokter Muslim Peraih Penghargaan Dunia: Untuk Ahok dan Para Pendukungnya

Nah karena ada embel-embel “dan Para Pendukungnya” saya merasa terpanggil untuk membahas surat dr. Gamal ini.

The Highest result of tolerance is respect and social relations. Saya setuju sekali dengan judul dalam Bahasa Ingris diatas tapi sebelum kita bicarakan highest result saya mau ajak dr. Gamal sedikit down to earth dulu, yaitu mari kita lihat makna paling dasar dari toleransi itu sendiri. Supaya appleto apple dan bukan Apple to Samsung apalagi Xiaomi, saya juga menampilkan definisi toleransi dalam Bahasa Inggris menurut merriam-webster dictionary.

Sumber: disini

Simple definition of tolerance

1 : willingness to accept feelings, habits, or beliefs that are different from your own

2 : the ability to accept, experience, or survive something harmful or unpleasant

medical : your body's ability to become adjusted to something (such as a drug) so that its effects are experienced less strongly

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline