Lihat ke Halaman Asli

Setelah 26 Tahun Puasa Gelar, Akankah Sekarang Waktunya Timnas Juara?

Diperbarui: 29 Desember 2022   17:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Piala AFF 2022/gambar: bola.com

Piala AFF telah bergulir, sebanyak 10 negara bertanding untuk memperebutkan titel "Raja Asean" Thailand saat ini masih menjadi tim tersukses dengan mengkoleksi 6 gelar juara disusul oleh Singapura sebanyak 4 gelar juara. 

Bagaimana dengan Indonesia? sayang sekali negara kita Indonesia belum bisa meraih gelar yang sangat prestisius tersebut di kawasan Asia Tenggara. 

Tercatat sejak kali pertama ikut serta di Piala AFF dahulu bernama Piala Tiger, Indonesia telah berpartisipasi sebanyak 13 kali dan prestasi terbaik yakni 6 kali masuk final.

Kini Piala AFF memasuki edisi ke 14 di mana Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam sedangkan Malaysia, Singapura, Vietnam, Myanmar, dan Laos tergabung ke dalam grup B.

Secara persiapan, skuad asuhan Shin Tae Yong hanya memiliki waktu kurang dari 1 bulan untuk mempersiapkan turnamen ini. Kendala lainnya yakni tidak adanya kompetisi belakangan ini yang membuat performa pemain menurun.

Meskipun begitu harapan itu masih ada, kilas balik pada edisi sebelumnya Shin Tae Yong berhasil menepis semua keraguan yang ada dan dengan berani mengisi skuad timnas dengan pemain muda.

Shin Tae Yong pun berhasil membawa Indonesia melaju sampai ke babak final meskipun harus menelan kekalahan dari Thailand dengan agregat skor 6-2. 

Seberapa Besar Kans Timnas Indonesia Menjuarai Edisi Piala AFF kali ini ?

Jika dilihat dari komposisi pemain, Indonesia sangat memiliki peluang untuk bisa bersaing meraih gelar juara. Saat ini secara level kekuatan dan kualitas permainan, hanya Thailand dan Vietnam yang berada satu tingkat di atas Indonesia.

Meski begitu apa pun bisa terjadi dalam sepak bola, tak hanya itu skuad timnas kali ini yang dihuni pemain muda sudah memiliki pengalaman lebih yang diperoleh dari Piala AFF edisi sebelumnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline